11 Perguruan Tinggi yang Menerima Penghafal Qur’an

11 Perguruan Tinggi yang Menerima Penghafal Qur’an

detikhalal.com 

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia membuka kesempatan kuliah bagi calon mahasiswa yang memiliki kelebihan tertentu diantaranya hapal Al Qur’an atau hafidz. Para calon mahasiswa tersebut diperbolehkan kuliah tanpa tes terlebih dahulu. Selain itu, beberapa kampus juga menyediakan beasiswa bagi mereka.

Berikut ini daftar perguruan tinggi yang menerima mahasiswa dari kalangan hafidz.

1. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan UNS Solo membuka penerimaan beasiswa melalui banyak jalur. Salah satu jalur tersebut adalah Ketentuan Khusus UNS (Ketentuan Khusus UNS Jalur SNMPTN). Syarat jalur ini di antaranya Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten yang memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).

UNS memberikan kredit atau nilai tambahan untuk pelamar yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran (hafidz). Hafal 30 juz disetarakan dengan juara olimpiade internasional. Khususnya bagi yang melamar fakultas kedokteran akan dapat poin tambahan. Saat ini ada sekitar lima orang hafidz 30 juz yang berstatus mahasiswa FK UNS. Kemampuan menghafal Alquran membutuhkan IQ di atas rata-rata. Saat ini ada sekitar 50 orang komunitas hafidz di UNS yang masuk ke sejumlah fakultas di UNS.

2. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini menerima mahasiswa baru dari kalangan hafizh atau penghafal Al-Quran. Sebelumnya, UNAND telah meloloskan mahasiswa baru yang terjaring lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan salah satu kriterianya ialah mampu menghafal Ayat Al-Quran minimal 5 juz.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)

UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta sudah meluncurkan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini. Kampus ini kembali memberikan kesempatan kepada hafidz Quran untuk menjadi mahasiswa UIN Suka tanpa tes. Calon mahasiswa yang dapat diterima tanpa tes minimal sudah harus hafal Al Quran 26 juz. Selain hafal Quran, kampus ini juga membuka pendaftaran tanpa tes bagi calon mahasiswa yang pernah menjadi juara Qori Nasional atau Olimpiade Sains Nasional (OSN).

4. Universitas Abdurrab Pekanbaru (UNIVRAB)

Setiap tahun Yayasan UNIVRAB telah mengalokasikan beasiswa sebesar Rp 450 juta bagi 12 mahasiswa berprestasi selain para hafidz Al Quran, maka penerima beasiswa juga berasal dari aktivis. Rencananya tahun 2016 program yang sama juga akan diterapkan.

5. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang hafal Alquran. Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, UM juga menerima calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan adalah prestasi bidang akademik, prestasi non akademik, seni, ketrampilan, dan keagamaan.

UM menerima siswa dengan kompetensi istimewa yaitu juara MTQ, seni grafis, atau hafal minimal 20 juz Alquran. Mereka dapat masuk UM tanpa tes dan bebas memilih program studi yang ada di kampus ini. Saat ini, UM memiliki 68 program studi yang meliputi prodi kependidikan dan non-kependidikan.

6 Universitas Islam Indonesia (UII)

UII membuka Beasiswa Hafidz Al-Quran bagi hafidz 15 juz dan 30 juz. Seleksi Beasiswa Hafidz Al-Qur’an diselenggarakan pada awal Tahun Akademik 2015/2016 (setelah mahasiswa baru memulai perkuliahan secara resmi di UII), dengan mengikuti jadwal akademik yang berlaku.

7. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau yang lebih dikenal dengan UIN Maliki atau UIN Malang membuka beasiswa bagi penghafal Quran melalui jalur Mandiri Prestasi. Minimal hafalan peserta yaitu 10 juz.

8. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Para hafidz Al-Qur’an yang menginginkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi bisa mendaftar di UNISSULA melalui jalur beasiswa. Dana beasiswa ini diperoleh dari Dana Rutin Pengembangan (DRP) yang mencapai 100 %.

9. STEI SEBI

STEI SEBI menyediakan program “Beasiswa Hafidz Quran Ahli Ekonomi Syariah”. Beasiswa ini merupakan kerjasama STEI SEBI dengan beberapa donatur. Beasiswa Hafidz Qur’an Ahli Ekonomi Syariah adalah beasiswa bagi generasi muda penghafal Al-Qur’an untuk dididik dan dibina menjadi hafidz/ah Qur’an yang memahami dan mampu mengaplikasikan ekonomi syariah.

10. UICCI – Turki

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, bekerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki/United Islamic Cultural of Indonesia-Turkey (UICCI) mengadakan Program Beasiswa Tahfidz Al-Quran (PBTQ). Peserta yang Lulus seleksi berhak untuk mengikuti program pendidikan non degree di Indonesia dan di Turki. Tahun ini, pendaftaran PBTQ dimulai pada 1 Maret – 22 April 2015 di Kantor Wilayah Kemenag Provinsi.

11 STAIN Meulaboh

Sekolah Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menyediakan kuota beasiswa kepada calon mahasiswa tahkim dan tahfidz Quran. Program tersebut merupakan bagian dari terobosan pencapaian Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang merupakan kriteria minimal tentang pembelajaran pada perguruan tinggi  ( sumber : edupost.id)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply