banner SIAL
banner 300250
by

Menikmati Indahnya Masjid Sultan Singapura

detikhalal.com  Laporan Dari Singapura 

Bila anda , Muslim Travellers berkunjung ke Singapura , jangan lewatkan untuk mengunjungi Masjid Sultan yang terletak  di Kampong Glam. Masjid ini menjadi salah satu bangunan bersejarah, ditetapkan oleh pemerintah Singapura pada tanggal 14 maret 1975. Oleh karena itu masjid ini terbuka bagi seluruh turis yang ingin masuk melihat suasana didalam masjid. Namun harus menggunakan pakaian yang sopan untuk menghormati orang yang sedang beribadah. Untuk itu pengurus sudah menyiapkan sebuah mantel panjang yang wajib dikenakan bagi pengunjung perempuan untuk menutup aurat.

masjid-sulton1
WARNA KUNING

Warna kuning sebagai warna  khas kerajaan Melayu mendominasi cat disekeliling masjid Sultan, walupun kuningnya tidak seterang Masjid Raja Ali Haji di Pulau Penyengat. Salah satu keunikan dari masjid dengan kubah berwarna emas ini adalah ornamen botol kaca hijau yang disusun terbalik persis di bawah kubah masjid, sehingga tampak bagian belakang dari botol hijau membentuk sebuah susunan seperti glass block yang cantik. botol-botol itu merupakan sumbangan kaum dhuafa sewaktu pembangunan kembali masjid Sultan di tahun 1924. Masjid ini terdiri dari dua bangunan besar yang diperkirakan bisa menampung sekitar 5000 jamaah. Kalau sedang  tidak digunakan untuk sholat ruangan itu juga sering menjadi tempat acara seperti ceramah agama dan kajian Al Quran atau hadits .

Masjid ini dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura, memberikan $3.000 untuk konstruksi gedung satu lantai dengan atap dua lapis.

 

Seratus tahun kemudian, masjid tua ini memerlukan perbaikan. Masjid yang Anda lihat saat ini didesain oleh Denis Sanimg_20160830_194958try dari Swan and Maclaren, firma arsitektur tertua di Singapura, dan dibangun kembali pada tahun 1932.

Sedikit sekali yang mengetahui bahwa pada masa rekonstruksi, North Bridge Road dipaksa untuk dibelokkan mengitari masjid dan diperpanjang sampai Arab Street.

 

Dasar kaca

img_20160830_192744

Jika Anda berada di sana, lihatlah lebih dekat kubah berbentuk bawang. Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya, tidak hanya umat yang kaya saja yang dapat berkontribusi.

Dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, masjid tersebut merupakan titik utama masyarakat

Muslim sampai dengan saat ini. Jika Anda berada di sana selama bulan Ramadhan, bulan puasa bagi umat Muslim, pergilah ke pasar malam di area tersebut dan temukan banyak gerai makanan.

Kunjungi tur masjid berpemandu yang informatif – pemandu dapat berbahasa Inggris, Melayu, Tionghoa, dan bahkan Jepang.

Lokasi Masjid Sulton di Singapura adalah di Arab Street berdekatan dengan kandahar street , jika anda naik MRT dari Bandar udara Cangi , anda dapat naik syway menuju MRT station , turun di Tanah merah , dan berganti jalur ke arah Bugis MRT StaTION  , dari sini anda bisa berjalan kaki menuju Masjid Sulton kurang lebih 10 menit saja ,di are masjid anda bisa berbelanja berbaghai souvenir , dan menikmati kuliner dari berbagai negara islam seperti Lebanon , Turki , Irak , Melayu dan sebagainya .

img_20160831_131629

 

Setiap bangunan dilengkapi dengan tempat wudhu yang bersih dan nyaman. Disamping keran air disediakan sabun cair untuk cuci tangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Please disable your adblock for read our content.
Refresh