Pembukaan Asian games 2018

Pembukaan Asian games 2018

Presiden Jokowi membuka Asian Games dengan upacara penuh pesona

 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo secara resmi membuka acara olahraga terbesar di Asia pada Sabtu malam di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, dalam sebuah upacara mempesona yang memamerkan budaya tradisional Indonesia.

“Atas nama rakyat Indonesia, kami bangga dan kami merasa terhormat untuk menyambut tamu istimewa dari 45 negara. Dengan Asian Games ke-18, kami, negara-negara Asia, ingin menunjukkan dunia bahwa kami bersaudara, kami bersatu dan kami ingin mencapai tujuan kami, ”kata Presiden, yang memasuki tempat mengendarai sepeda motor.

“Dengan mengucapkan bismillahhirohmanirrohim [atas nama Tuhan, yang paling murah hati dan penyayang], saya menyatakan bahwa Asian Games ke-18 resmi dibuka.”

Disaksikan oleh sekitar 40.000 penonton di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, upacara dibuka dengan 2.200 penari dari 18 sekolah menengah atas di seluruh ibu kota yang mempesona penonton dengan tarian Saman, tarian tradisional dari Aceh, provinsi paling barat di Indonesia .

Disambut oleh para penari, ribuan atlet dari 45 kontingen Komite Olimpiade Nasional (NOC) kemudian mulai berjalan ke arena di depan panggung megah yang dirancang menyerupai gunung.

Setiap kontingen dipimpin oleh perwakilan yang mengenakan kostum berbentuk burung yang dirancang oleh Dynand Fariz, yang terkenal karena ciptaannya dari parade tahunan Jember Fashion Carnaval.

Setelah semua kontingen memasuki arena, penonton langsung bersorak kencang ketika kontingen Indonesia memasuki arena sebagai kontingen terakhir malam itu.

Ini adalah kali kedua Indonesia menyelenggarakan Asian Games, setelah sebelumnya pada tahun 1962 di Jakarta. (ahw)

21 Tarian dari Sabang Sampai Merauke Meriahkan Pembukaan Asian Games

Mana tarian yang paling membuat kamu merinding?
Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia sukses menyajikan opening ceremony yang spektakuler. Mulai dari welcoming dance Tari Saman yang dibuka oleh 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI Jakarta, hingga empat segmen hiburan yang memukau.Jutaan pandangan mata melihat betapa kayanya budaya Indonesia. Bahkan tak tanggung-tanggung, dalam segmen Earth (bumi), Eko Supriyanto selaku koreografer, menampilkan 19 tarian Indonesia di hadapan para penonton.

1. Tampilkan 19 tarian Indonesia

21 Tarian dari Sabang Sampai Merauke Meriahkan Pembukaan Asian GamesINASGOC/Rosa Panggabean

Setelah segmen Water (air) yang menampilkan cerita kolosal kejayaan Majapahit, segmen Earth (bumi) mencuri perhatian para penonton Opening Ceremony Asian Games 2018.

Dalam segmen ini menampilkan 19 tari tradisi Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Berikut daftarnya:

1. Sipitu Cawan

2. Gending Sriwijaya

4. Zapin

5. Tarian transisi bunga

6. Lenong Betawi

7. Jaipongan

8. Sisingaan

9. Tarian Padang Bulan

11. Tari Janger bali,

12. Tari Belian Bawo Katim

13. Tari Enggang,

14. Tari Hudog

15. Tari Maengket Modero Sulut

16. Tari Kabasaran

17. Tari Soya Soya Maluku Utara

18. Tari Likurai Belu NTT

19. Tari Yospan Papua

 

2. Koreografer terkemuka Indonesia

21 Tarian dari Sabang Sampai Merauke Meriahkan Pembukaan Asian GamesIDN Times/Uni Lubis

Segmen bumi ini sangat spektakuler dengan menampilkan 467 penari profesional. Lihat saja penampilan mereka di atas panggung, sangat enerjik dan sempurna menggambarkan makna dari masing-masing tarian.

Di balik keindahan gerakan para penari adalah Eko Supriyanto, koreografer Indonesia yang namanya sudah terkenal di dunia.

 

3. Tari Kecak tetap jadi daya tarik

21 Tarian dari Sabang Sampai Merauke Meriahkan Pembukaan Asian GamesINASGOC/Dhemas Reviyanto

Setelah itu ada segmen Fire (api) yang menggambarkan tentang semangat generasi muda Indonesia yang membara untuk menjadi yang terbaik. Pada segmen kali ini terinspirasi dari Spirit of Kecak.

Masih dalam arahan koreografer Eko Supriyanto, segmen kali ini melibatkan 475 penari.

-AG Media Publication in cooperation with The Jakarta Post

idntimes

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply