by

apa resiko kesehatan dari kegemukan dan obesitas

Apa Apakah Resiko Kesehatan dari Kegemukan dan Obesitas?

Kelihatannya sekarang makin banyak orang gemuk, banyak diantaranya menganggap biasa saja , bahkan ada yang menganggapnya lambang kemakmuran , karena pola hidup yang kurang aktif dan makanan banyak siap saji , kurang serat dan juga kurang bergerak.

Tetapi ternyata Kelebihan berat badan atau obesitas bukan masalah kosmetik atau masalah penampilan saja, . Kondisi ini sangat meningkatkan risiko Anda untuk masalah kesehatan lainnya, dan bisa mengancam jiwa apabila dibiarkan berlarut-larut.

Kegemukan dan Masalah Kesehatan Obesitas Terkait di Dewasa

Penyakit jantung koroner

Seperti indeks massa tubuh Anda meningkat, begitu pula risiko penyakit jantung koroner (PJK). PJK adalah suatu kondisi di mana zat lilin yang disebut plak (plak) di dalam arteri koroner. Arteri ini menyuplai darah kaya oksigen ke jantung Anda.

Plak dapat mempersempit atau memblokir arteri koroner dan mengurangi aliran darah ke otot jantung. Hal ini dapat menyebabkan angina (an-JI-nuh atau AN-Juh-nuh) atau serangan jantung. (Angina adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan.)

serangan-jantung

 

Obesitas juga dapat menyebabkan gagal jantung. Ini adalah kondisi serius di mana jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah adalah kekuatan darah mendorong dinding arteri sebagai jantung memompa darah. Jika tekanan ini meningkat dan tetap tinggi dari waktu ke waktu, hal itu dapat merusak tubuh dalam banyak cara.

kesempatan Anda memiliki tekanan darah tinggi lebih besar jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas.

Pukulan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri Anda. Akhirnya, area plak dapat pecah dan menyebabkan bekuan darah terbentuk.

Jika bekuan dekat otak Anda, ia dapat memblok aliran darah dan oksigen ke otak dan menyebabkan stroke. Risiko mengalami stroke meningkat sebagai BMI meningkat.

Diabetes tipe 2

Diabetes adalah penyakit di mana glukosa darah tubuh, atau gula darah, tingkat terlalu tinggi. Biasanya, tubuh memecah makanan menjadi glukosa dan kemudian membawanya ke sel-sel di seluruh tubuh. Sel-sel menggunakan hormon yang disebut insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar. Pada awalnya, tubuh bereaksi dengan membuat lebih banyak insulin. Seiring waktu, bagaimanapun, tubuh tidak dapat membuat cukup insulin untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Diabetes adalah penyebab utama kematian dini, penyakit jantung koroner, stroke, penyakit ginjal, dan kebutaan. Kebanyakan orang yang memiliki diabetes tipe 2 kelebihan berat badan.

diabetes

Lemak Darah normal

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda pada peningkatan risiko memiliki tingkat abnormal lemak darah. Ini termasuk kadar trigliserida yang tinggi dan LDL ( “buruk”) kolesterol dan rendahnya tingkat HDL ( “baik”) kolesterol.

tingkat abnormal lemak darah ini merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Untuk informasi lebih lanjut tentang trigliserida dan LDL dan kolesterol HDL, pergi ke Topik Kesehatan Darah Tinggi Kolesterol artikel.

Sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah nama untuk sekelompok faktor risiko yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes dan stroke.

Anda dapat mengembangkan salah satu dari faktor-faktor risiko tersebut dengan sendirinya, tetapi mereka cenderung terjadi bersama-sama. Diagnosis sindrom metabolik dibuat jika Anda memiliki setidaknya tiga faktor risiko berikut:

Sebuah pinggang besar. Ini disebut obesitas abdominal atau “memiliki bentuk apel.” Memiliki lemak ekstra di daerah pinggang merupakan faktor risiko yang lebih besar untuk PJK daripada memiliki lemak ekstra di bagian lain dari tubuh, seperti pada pinggul.
A lebih tinggi dari tingkat trigliserida normal (atau Anda berada di obat untuk mengobati trigliserida tinggi).
A lebih rendah dari kadar kolesterol HDL normal (atau Anda berada di obat untuk mengobati kolesterol HDL rendah).
Lebih tinggi dari tekanan darah normal (atau Anda berada di obat untuk mengobati tekanan darah tinggi).
Lebih tinggi dari gula darah puasa normal (atau Anda berada di obat untuk mengobati diabetes).
Kanker

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko Anda untuk kanker usus besar, payudara, endometrium, dan kantong empedu.

kanker

osteoarthritis

Osteoarthritis adalah masalah bersama umum dari lutut, pinggul, dan punggung bawah. Kondisi ini terjadi jika jaringan yang melindungi sendi menipis. ekstra berat dapat menempatkan lebih banyak tekanan dan memakai pada sendi, menyebabkan nyeri.

oa

Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan umum di mana Anda memiliki satu atau lebih jeda dalam bernapas atau dangkal napas saat Anda tidur.

Seseorang yang memiliki apnea tidur mungkin memiliki lebih banyak lemak yang disimpan di sekitar leher. Hal ini dapat mempersempit jalan napas, sehingga sulit untuk bernapas.

Obesitas Hipoventilasi Syndrome

sindrom obesitas hipoventilasi (OHS) adalah gangguan pernapasan yang mempengaruhi beberapa orang obesitas. Dalam OHS, hasil pernapasan miskin di karbon dioksida terlalu banyak (hipoventilasi) dan terlalu sedikit oksigen dalam darah (hipoksemia).

OHS dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Masalah reproduksi

Obesitas dapat menyebabkan masalah menstruasi dan infertilitas pada wanita.karena bisa menyebabkan gangguan hormon, kadang ada yang mengalami tidak haid sama sekali , tapi kasus ini tidak selalu ada , juga ada beberapa kasus obesitas mengakibatkan mioma atau tumor jinak pada dinding rahim.

 

Batu empedu

Batu empedu adalah potongan-potongan keras bahan batu-seperti yang terbentuk di kandung empedu. Mereka sebagian besar terbuat dari kolesterol. Batu empedu dapat menyebabkan perut atau sakit punggung.

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko mengalami batu empedu. Juga, kelebihan berat badan dapat mengakibatkan kandung empedu yang membesar yang tidak bekerja dengan baik.

batuempedu

Kegemukan dan Obesitas-Terkait Masalah Kesehatan pada Anak dan Remaja

Kegemukan dan obesitas juga meningkatkan risiko kesehatan bagi anak-anak dan remaja. Diabetes tipe 2 dulu jarang terjadi pada anak Amerika, namun peningkatan jumlah anak-anak mengembangkan penyakit.

Juga, anak-anak kelebihan berat badan lebih mungkin untuk menjadi kelebihan berat badan atau obesitas saat dewasa, dengan risiko penyakit yang sama.
Karena banyaknya efek kegemukan , mari kita jalani hidup sehat sehingga mengurangi obesitas sehingga mengurangi penyakit2 di atas, jalani pola hidup lebih sehat, olahraga ringan tiap hari, banyak minum air putih, sayuran dan buah, minum antioksidan , jauhi fast food atau makanan cepat saji, hindari polusi ,  banyak berpikir positip , cukup istirahat , dan selalu cek kesehatan secara rutin sehingga selalu terjaga kesehatannya

dari berbagai sumber

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed