by

Bagaimana hidup seorang penderita diabetes

Diabetes tidak bisa disembuhkan, tapi Anda bisa mengontrol penyakit ini. Salah satu cara terbaik untuk mengontrol diabetes adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Menerapkan gaya hidup sehat bukan sekadar melindungi Anda dari komplikasi diabetes yang tidak terkontrol, tapi juga berbagai penyakit kronis lainnya di kemudian hari.

Jika Anda memiliki diabetes dan berencana untuk mulai mengubah gaya hidup sehat, simak tipsnya di bawah ini.

Tahapan memulai gaya hidup sehat untuk diabetes

Mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat memang tidak mudah, tapi bukan berarti ini tidak mungkin dilakukan. Dibutuhkan waktu dan proses yang panjang. Tentu saja akan ada juga banyak rintangan di sepanjang jalan yang harus Anda hadapi. Namun jangan berkecil hati, Anda pasti bisa melaluinya.

Secara umum ada 4 tahap memulai gaya hidup sehat untuk diabetes, di antaranya:

1. Mulai dari niat

Jika Anda memang ingin mengendalikan penyakit ini, tentu niat harus datang dari diri Anda. Langkah pertama untuk membuat perubahan adalah dengan membulatkan niat serta motivasi dalam menerapkan gaya hidup sehat. Anda mungkin berada di tahap ini jika:

  • Punya pikiran untuk berubah dan menjalankan gaya hidup sehat tapi tidak cukup siap untuk memulainya
  • Percaya bahwa kesehatan Anda akan membaik jika Anda menjalankan gaya hidup sehat
  • Tidak yakin mampu melewati rintangan yang akan dihadapi nanti ketika memutuskan untuk menerapkan gaya hidup sehat

Tanyakan pada diri Anda sendiri tentang berbagai manfaat dan kerugiaan yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Proses mengumpulkan niat ini memang membutuhkan waktu beberapa saat. Untuk memudahkan Anda mengambil keputusan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari dukungan keluarga.

2. Persiapan

Setelah merasakan gejolak hati dan mencari dukungan dari banyak pihak, akhirnya Anda memutuskan untuk bertindak. Ya, pada tahap ini, Anda sudah mulai membuat rencana dan memikirkan berbagai strategi yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menerapkan gaya hidup sehat.

Anda mungkin berada di tahap ini jika:

  • Telah memutuskan bahwa Anda akan melakukan perubahan dan akan melakukannya dalam waktu dekat
  • Sudah menetapkan tujuan Anda rencana realistis melakukan tindakan ini
  • Sudah melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan rencana

3. Tindakan

Persiapan sudah disusun sedemikian rupa. Kini saatnya mulai memulai tindakan nyata untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Pada tahap ketiga ini, Anda sudah mulai menerapkan gaya hidup sehat agar bisa mencapai tujuan awal Anda, yaitu hidup sehat untuk mengontrol diabetes.

Anda mungkin berada di tahap ini jika:

  • Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang, rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik, serta melakukan berbagai perilaku sehat lainnya dalam kurun waktu 6 bulan terakhir atau lebih.
  • Bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan baik selama menerapkan pola hidup yang lebih sehat.
  • Berhasil melewati rintangan-rintangan yang sebelumnya Anda takuti.

4. Terus disiplin

Pada tahap ini Anda telah terbiasa dengan perubahan yang ada dan Anda berhasil mempertahankan selama lebih dari 6 bulan. Bisa dibilang, pada tahap ini Anda seperti merasakan kalau hidup sehat adalah hal wajib yang harus Anda jalani.

Anda mungkin berada di tahap ini jika:

  • Gaya hidup sehat telah menjadi bagian normal dari rutinitas Anda
  • Merasa sulit membayangkan untuk tidak menjalankan kebiasaan sehat
  • Anda telah menemukan cara-cara kreatif untuk menjalankan rutinitas yang lebih sehat

Anda mengalami berbagai rintangan selama menjalaninya, tetapi dengan semangat pantang menyerah Anda berhasil membuat banyak kemajuan.

Ingat, semua ada solusinya

Sebelum memutuskan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mungkin Anda memiliki segudang kekhawatiran yang menjadi hambatan terbesar Anda. Beberapa kekhawatiran paling umum adalah terkait waktu dan waktu.

Jika Anda tak punya waktu untuk melakukan serangkaian aktivitas yang menyehatkan, maka mulailah untuk mengatur ulang prioritas Anda. Jadikanlah kebiasaan gaya hidup sehat sebagai prioritas Anda.

Usahakan untuk perbanyak melakukan aktivitas fisik kapan pun dan di mana pun Anda berada. Jika tak punya cukup uang untuk olahraga ke gym, lakukanlah aktivitas sederhana seperti jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari.

Intinya, buatlah tubuh Anda aktif bergerak setiap hari, entah itu dengan jalan kaki, menari, ataupun sekadar berkebun. Agar lebih bersemangat, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat, seperti orangtua, saudara kandung, atau bahkan pasangan Anda.

Kini ada beragam resep makanan yang menyehatkan dan bisa Anda coba di rumah. Anda bisa membuat masakan favorit dengan cara-cara baru yang lebih sehat.

Misalnya, Anda dapat mengurangi lemak dari daging dan mengurangi jumlah mentega, gula, dan garam yang Anda masak. Gunakan keju atau susu rendah lemak. Tambahkan brokoli, wortel, atau bayam jika Anda ingin membuat pasta, pizza, atau burger.

hellosehat.com

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field

News Feed