by

Bahaya miom kalau tidak dioperasi

Miom merupakan pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar rahim. Sel tumor ini tidak bersifat ganas layaknya kanker, bahkan miom sendiri bisa menghilang meskipun tanpa diobati.

Bahaya Miom Bila Tidak Dioperasi

Setidaknya 75 persen wanita pernah memiliki miom, namun beberapa dari mereka tidak menyadarinya lantaran miom bisa muncul dalam ukuran yang kecil dan terkadang tidak menimbulkan gejala.

Sementara pada kasus lain, miom harus segera dioperasi. Penanganan ini dilakukan untuk menghindari bahaya miom.

Jadi, apa yang akan terjadi bila miom tidak segera dioperasi?

Anemia

Miom bisa menyebabkan anemia, akibat sering mengalami pendarahan berlebih, terutama pada saat menstruasi. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa mengakibatkan masalah anemia parah. Anemia parah akan mempengaruhi proses kinerja jantung dan memicu risiko penyakit gagal jantung.

Keguguran

Miom bisa menyebabkan keguguran, karena ketika miom bertambah besar, ia bisa mendorong hingga embrio tidak bisa menempel dengan baik ke dinding rahim. Kemudian miom tersebut akan mendesak janin sampai menyebabkan keguguran.

Sulit hamil

Miom bisa menyebabkan wanita sulit hamil karena pertumbuhan miom pada saluran leher rahim dapat menghambat masuknya sperma ke dalam rahim, sehingga sulit terjadi pembuahan. Begitu pula jika miom tumbuh di dinding rahim, ia akan menghambat penanaman sel telur yang telah dibuahi.

Sakit saat berhubungan intim

Miom dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit saat berhubungan seksual. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka keharmonisan seksualitas anda akan sangat terganggu.

Infeksi pada saluran kemih

Jika miom sudah berada dalam kondisi parah, dan tidak segera mendapatkan penanganan khusus, maka dampak buruk yang bisa terjadi adalah rahim mengalami infeksi.

 

Bila miom sudah besar maka segeralah operasi, setelah itu kita bisa menjaga supaya miom tidak tumbuh lagi dengan menjaga makanan atau lainnya konsultasi ke dokter ahli kandungan.

Semoga kita semua dalam kesehatan ya

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field

News Feed