Benarkah Alpukat bikin gemuk ?

Benarkah Alpukat bikin gemuk ?

Banyak orang, mungkin termasuk And dan saya , beranggapan bahwa mengkonsumsi buah alpukat bisa menggemukkan badan. Namun benarkah demikian? Buah alpukat ternyata kaya akan karbohidrat dan protein. Kandungan inilah yang membuat buah alpukat bisa dilunakkan menjadi makanan yang bagus untuk bayi yang mulai belajar mengkonsumsi makanan padat. Bagaimana dengan orang dewasa?

Alpukat selama ini “dituduh” sebagai buah yang dapat membuat gemuk, ternyata justru membantu Anda yang ingin mengenyahkan lemak di bagian perut. Selain mengandung lemak (lemak nabati yang tergolong sehat dan bermanfaat bagi tubuh), alpukat pun mengandung senyawa fitonutrien. Senyawa fiton utrien berkemampuan memerangi lemak perut dan menjadikannya susut dan rata.

Beatabflab melansir,  katanya ketika mengonsumsi alpukat, buah tersebut akan memasok hormon pembakar lemak dalam tubuh yang akan membantu Anda kehilangan lemak perut. Kandungan serat alpukat pun senantiasa membuat kenyang lebih lama dan berkemampuan mengendalikan nafsu makan seseorang. Para ilmuwan menduga, lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat bisa meningkatkan hormon penunda lapar yang disebut leptinBagaimana caranya meraih manfaat optimal dari alpukat tanpa membuat tubuh menjadi gemuk? Hindari pemakaian gula tambahan dan susu kental manis yang biasa dicampurkan ketika mengudap alpukat, karena sesungguhnya dua hal tersebut yang membuat gemuk.. Hormon ini bisa merangsang otak untuk berhenti makan.

Alpukat justru dapat dijadikan sebagai makanan penutup alternatif yang baik karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Buah ini pun merupakan bahan yang baik dalam membuat makanan penutup lainnya, karena dapat dijadikan sebagai kudapan yang creamy secara alami tanpa harus ditambahkan produk susu dan gula aditif lainnya. Irisan alpukat dapat ditambahkan ke salad, telur, sandwich, sushi, dan burger.

 

Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam buah alpukat.

1.      Protein

Buah alpukat memiliki 18 asam amino yang diperlukan oleh tubuh sehingga protein dalam alpukat bisa lebih mudah diserap oleh tubuh. Protein dalam buah ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan diet sehat tetapi tetap berenergi.

2.  Lemak Bermanfaat

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal hingga 20%. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Lemak tersebut merupakan lemak sehat, sehingga Anda tidak perlu khawatir tubuh menjadi gemuk. Karena justru asam lemak tak jenuh tersebut yang membantu metabolisme dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

3.      Karotenoid

Karotenoid yang terkandung di dalam buah alpukat sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan  vitamin A yang ada di dalam karotenoid. Oleh sebab itu, buah buah alpukat juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata dan stamina Anda dan keluarga.

4.      Anti-inflamasi

Kombinasi kandungan gizi vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, potosterol, dan omega 3 asam lemak yang terdapat di dalam buah buah alpukat dapat membantu mencegah berbagai peradangan.

mudah2an setelah membaca tulisan ini kita menjadi tak takut untuk mengkonsumsi  alpukat dalam keseharian kita .

 

 disadur dari Beatabflab

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply