by

Dahsyatnya terapi air

Masyarakat Jepang memiliki kebiasan baru yang ternyata patut dicontoh, apa itu? Minum air putih empat gelas langsung setelah bangun tidur di pagi hari. Tren minum air putih ini dipercaya bisa sembuhkan berbagai macam penyakit.

Kebaikan air putih memang tak ada habisnya. Tren minum air putih ini telah diuji oleh para ilmuwan dan diyakini bisa memberi efek positif bagi tubuh. Dikutip dari laman beautytips4her.com, ada sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi minum air putih ini. Seperti sakit kepala, nyeri otot, arthritis, masalah jantung, epilepsi, obesitas, tuberkulosis, meningitis, sakit ginjal, muntah-muntah, gastritis, diabetes, konstipasi, sakit telinga, dan sakit tenggorokan.

Tak diragukan lagi air sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari gangguan metabolisme tubuh. Tak heran kalau Japan Medical Association (JMA) mengakui terapi air ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi penyakit kronis. Lalu, bagaimana prosedur yang tepat untuk melakukan terapi air ini?

Setelah bangun tidur, bahkan sebelum gosok gigi, segera minum empat gelas air putih. Baru setelah itu lakukan hal lain seperti gosok gigi atau membersihkan tempat tidur. 45 menit kemudian barulah makan dan minum seperti biasanya. Setelah selesai makan sekali, jangan makan atau minum lagi selama dua jam.

Manfaat terapi air putih

Setelah mengetahui kriteria air putih yang layak dijadikan terapi air putih, selanjutnya mungkin anda bertanya apa saja manfaat dari terapi air putih ini, berikut ini penjelasannya.

  1. Merawat kecantikan

Kecantikan tidak hanya didasarkan pada faktor luar atau make up saja namun juga dari dalam tubuh. Kecantikan kulit sangat dipengaruhi oleh kelembaban tubuh dimana ini ditentukan oleh cukupnya kebutuhan cairan tubuh. Dengan kata lain jika anda cukup minum air putih setiap hari maka anda pasti akan mendapatkan tubuh yang sehat dan cantik. Usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari supaya tetap terjaga hidrasi dalam tubuh.

Kelembaban kulit ini menentukan kecantikan kulit. Kulit kering akan memunculkan banyak masalah pada kulit seperti keriput, garis-garis halus hingga jerawat. Maka pastikan anda cukup minum air putih supaya tetap cantik, segar dan awet muda.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet maka terapi air putih juga bisa membantu mengoptimalkan program yang sedang anda lakukan. Konsumsilah air putih lebih banyak sebelum makan karena itu akan mengurangi porsi makan anda. Perut akan merasa sudah kenyang meskipun anda hanya makan sedikit. Usahakan untuk minum air putih saja ya, jangan minum air soda atau yang berasa. Imbangi dengan gaya hidup sehat seperti pola makan teratur, olahraga rutin dan cukup tidur supaya berat badan cepat turun tanpa menyiksa tubuh.

 

  1. Detoksifikasi alami

Saat ini banyak program detoksifikasi alami yang ditawarkan dan bisa anda coba namun yang paling baik adalah dektoksifikasi terapi air putih. Air putih adalah cairan alami tubuh yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara sempurna melalui urin, keringat dan cairan lainnya. Selain mengeluarkan racun, anda juga tidak perlu khawatir lagi kekurangan cairan tubuh bukan? Inilah manfaat yang sangat baik dari terapi air putih.

 

Beberapa manfaat lainnya dari terapi air putih antara lain:

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Mengatasi migrain
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Melancarkan peredaran darah
  5. Memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan terapi air putih

Terapi air putih memang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh namun bagi beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu justru colaps ketika melakukan terapi ar putih ini. Bukannya dapat melakukan detoksifikasi tubuh, terapi air putih yang salah akan menyebabkan intoksifikasi yang berbahaya bagi tubuh. Intoksifikasi merupakan kondisi dimana kadar garam tubuh menurun drastis akibat meminum air putih terlalu banyak dalam waktu singkat. Gejala yang dirasakan biasanya adalah mual, pusing, diare bahkan panas dingin. Jika anda mengalaminya sebaiknya untuk menghentikan terapi air putih saat itu juga. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Namun terdapat beberapa orang yang membutuhkan asupan air putih lebih banyak dari biasanya, seperti:

  • Hamil dan menyusui. Para ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan air putih lebih banyak yaitu 10 gelas per harinya. Sedangkan untuk ibu menyusui ditambah lagi tiga gelas sehingga menjadi 13 gelas per hari.
  • Aktivitas olahraga akan mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak dalam bentuk keringat. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang olahraga pun sebaiknya untuk mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya.
  • Menderita penyakit tertentu. Ada beberapa penyakit tertentu seperti infeksi saluran kencing, ginjal, kencing batu yang mengharuskan penderitanya untuk mengonsumsi air putih lebih banyak untuk membantu proses pengobatan.

Jika belum terbiasa minum langsung empat gelas setelah bangun pagi, kita bisa coba minum air putih semampu kita. Meski tidak ada efek sampingnya, pada awal-awal mencoba terapi ini, Anda akan sering buang air seni.

Melakukan terapi minum air putih adalah langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain minum air putih, imbangi juga dengan konsumsi makanan sehat dan olah raga teratur untuk bisa selalu bugar dan sehat setiap saat. Tertarik untuk mencoba?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed