Dampak Makan di Atas Pukul Tujuh Malam Dapat Tingkatkan Risiko Serangan Jantung?

Dampak Makan di Atas Pukul Tujuh Malam Dapat Tingkatkan Risiko Serangan Jantung?

Detikhalal.com – Peringatan tentang bahaya makan di malam hari sepertinya sudah tidak asing lagi kita dengar. Bahkan tulisan para ahli kesehatan sudah bertebaran di ranah manapun. Namun sejumlah orang masih belum mampu meninggalkan kebiasaan makan di atas pukul tujuh malam.

Ahli kesehatan menyarankan, seseorang agar tidak langsung tidur setelah makan malam. Setidaknya dua jam setelah makan, peringatan itu masih sangat berlaku. Makan malam memiliki dampak siginifikan terhadap tekanan darah saat malam hari. Makan malam sebelum dua jam menuju waktu tidur dapat menempatkan tubuh pada level ‘siaga tinggi’. Sebab, tekanan darah tidak turun sebagaimana biasanya dalam waktu semalam. Kondisi ini tentu mampu meningkatkan risiko ke jantung

Para ahli jantung dari Universitas Turki telah meneliti lebih dari 700 pria dan wanita yang tekanan darahnya tinggi. Penelitian ini untuk mengetahui apakah tekanan darahnya itu disebabkan karena perbedaan waktu makan dan konsistensi mereka dalam diet.

Setelah diteliti, Hampir 25 persen dari mereka yang makan malam dalam waktu dua jam untuk pergi ke tempat tidur tidak mengalami penurunan darah semalam. Hasilnya berbeda apabila dibandingkan dengan 14,2 persen yang waktu makannya lebih awal.

Perwakilan Asosiasi Professor Kardiologi di Universitas Dokuz Eylul di Imir, Ebru Ozpelit mengatakan, kehidupan moderen menyebabkan waktu makan sebagian masyarakat tidak menentu. “Kita harus menentukan frekuensi ideal dan waktu malam karena bagaimana kita makan malam kemungkinan sama pentingnya dengan apa yang kita makan,” kata dia.

Seperti dilansir republika

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply