by

Filosofi rendang

Rendang adalah hidangan yang berasal dari Sumatera Barat Indonesia. Rendang adalah hidangan tradisional dengan menggunakan santan dan daging sapi sebagai bahan utama dan dilengkapi dengan santan, merica, bawang, daun kunyit dan daun jeruk. Rendang juga disebutkan dalam banyak sastra Melayu klasik seperti Hikayat Amir Hamzah yang membuktikan dia adalah masakan Melayu sejak 1550’s.The lagi rendang dimasak itu akan terasa lebih lezat dan warna akan lebih hitam dan akan semakin kering.
Rendang adalah masakan yang tidak hanya rasa lezat, lebih dari rendang yang telah filosofi philosophy.This dilihat dari unsur-unsur bahan masakan dan memasak rendang. Ada empat filosofi yang terkandung dalam rendang dalam masyarakat Minang Kabau, yaitu:

rendang_04

1. filsafat pertama berasal dari Dagiang (daging). Daging yang digunakan dalam pembuatan rendang, yang berasal dari daging sapi. Daging adalah simbol dari “Ninik Mamak” yang merupakan pemimpin suku tradisional di Sumatera Barat.
2. Filosofi kedua berasal dari Karambia (kelapa). Kelapa merupakan simbol intelektual (intelektual).
3. Filosofi ketiga berasal dari Lado (cabai), yang merupakan simbol dari para ulama, pedas dan tegas dalam mengajar agama.
4. Filosofi terakhir adalah memasak (rempah-rempah) yang melambangkan seluruh masyarakat Minang.

Pada saat ini, masakan rendang ini kreasi akan semakin berkembang. Tidak hanya rendang hidangan yang dibuat dari daging sapi (beef rendang), yang menjadi makanan lezat, tetapi nangka rendang (rendang Cubadak), rendang telur, kentang rendang, rendang paru bahkan lebih penciptaan. Nah, Anda tidak perlu harus datang ke lapangan untuk menikmati masakan lezat rendang, karena Anda dapat membuat di rumah. Semakin lama rendang yang dimasak, itu akan terasa lebih lezat. Daging sapi rendang, praktis akan berlangsung lebih lama dari rendang lainnya.

http://nina-herman.blogspot.co.id/2011/04/history-and-philosophy-of-rendang.html

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed