by

Hal yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan tiba-tiba

Kenaikan berat badan bisa menjadi hal yang sangat meresahkan bagi banyak orang. Apalagi jika mereka sebenarnya sedang menjalani program diet. Masalahnya adalah berat badan yang naik secara tiba-tiba belum tentu disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Lantas, apa sajakah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan hal ini?

Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Kenaikan Berat Badan Tiba-Tiba

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai kenaikan berat badan dalam waktu yang singat meskipun kita sudah menerapkan pola makan yang baik.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa saja menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Sebagai informasi, kelenjar tiroid memiliki peran besar dalam mengendalikan sistem metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh. Jika sampai kelenjar tiroid mengalami gangguan, maka ada kemungkinan hal ini akan membuat sistem metabolisme terganggu dan akhirnya mempengaruhi berat badan dengan signifikan.

Berat badan yang naik tiba-tiba akibat masalah pada kelenjar tiroid cenderung rentan terjadi pada wanita dengan usia lanjut. Biasanya, sistem metabolisme di dalam tubuh mereka cenderung sudah jauh lebih lambat dibandingkan dengan saat masih berusia muda.

  1. Sedang Menjalani Pengobatan Diabetes

Banyak penderita diabetes yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, namun jika mereka diminta untuk mengonsumsi insulin demi mengendalikan kadar gula darah, bisa jadi hal ini akan menyebabkan dampak berupa kenaikan berat badan dalam waktu yang singkat.

Selain itu, pemberian hormon insulin juga berpotensi membuat nafsu makan dan pengendalian lemak di dalam tubuh penderita diabetes mengalami perubahan. Hal ini juga bisa membuat berat badannya cenderung naik dengan signifikan.

  1. Faktor Usia

Semakin tua seseorang, semakin berkurang massa otot di dalam tubuh. Padahal, otot adalah tempat yang paling banyak mengalami pembakaran kalori. Hal ini berarti, semakin tua usia kita, semakin menurun pula proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Apa yang kita konsumsi pun bisa berubah menjadi tumpukan lemak yang menyebabkan berat badan naik.

  1. Konsumsi Obat-Obatan Steroid

Steriod adalah sejenis obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah persendian atau gangguan pernapasan layaknya asma. Masalahnya adalah konsumsi obat-obatan ini bisa memberikan efek samping berupa meningkatnya nafsu makan. Jika sampai kita mengonsumsi makanan lebih banyak, maka risiko untuk terkena kenaikan berat badan pun akan naik.

  1. Mengalami Stres

Stres ternyata juga bisa berimbas pada berat badan yang naik dengan signifikan dalam waktu yang singkat, lho. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mengeluarkan respons berupa ingin membuat pikiran lebih nyaman. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang enak namun sayangnya belum tentu baik bagi kesehatan.

Banyak orang yang mengaku ingin mengonsumsi gorengan, makanan cepat saji, hingga kue-kue manis atau permen lebih banyak saat stres. Padahal, makanan-makanan tersebut dikenal luas sebagai penyebab kenaikan berat badan.

  1. Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Hal ini disebabkan oleh kekacauan hormon di dalam tubuhnya, tepatnya berupa kenaikan kadar hormon leptin yang akan membuat kita mudah lapar dan tidak mudah kenyang meskipun sudah makan. Hal ini tentu akan membuat nafsu makan meningkat drastis dan akhirnya membuat berat badan mudah naik.

  1. Mengalami Masalah Polycistic Ovary Syndrome (PCOS)

Masalah PCOS menyerang sebagian kaum hawa. Mereka biasanya akan mengalami gejala tidak teraturnya siklus menstruasi dan kecenderungan untuk sulit mendapatkan kehamilan.

Selain itu, mereka ternyata juga rentan untuk mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba dan pembesaran pada bagian pinggul atau pinggang. Masalah kesehatan ini terkait dengan terganggunya hormon reproduksi di dalam tubuh.

 

Sumber:

  1. Laurriello, Samantha. 2018. 8 Conditions That Could Explain Your Sudden Weight Gain. com/mind-body/sudden-weight-gain-causes. (Diakses pada 22 September 2019).

foto dari google istimewa

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field

News Feed