by

indahnya Masjid Biru Sankt Peterburg

detikhalal.com | Russia Kalau kita berkesempatan mengunjungi Rusia , jangan lupa berkeliling menziarahi masjid masjid indah di Rusia , salahsatunya adalah Masjid Biru .Pada era pemerintahan Tsar Aleksandr III, kekaisaran Rusia menghormati kepentingan muslim sehingga pada tahun 1910 Masjid Biru Sankt Peterburg dibangun. Disamping itu, pembangunan masjid dilakukan sebagai penghormatan peristiwa meleburnya kawasan Asia Tengah dengan Uni Soviet. Masjid ini didesain memiliki dua menara setinggi 49 meter dengan tinggi kubah sekitar 39 meter. Bentuk kubah Masjid Biru dibuat menyerupai Mausoleum Guri Amir yang merupakan tempat bersejarah tempat penyimpanan abu kremasi penakluk Asia Tengah, Tamerlane.

Pada pemerintahan komunis masa lalu, Uni Soviet memberlakukan alih fungsi tempat ibadah baik masjid ataupun gereja sebagai gudang untuk keperluan penyimpanan logistik saat Perang Dunia II terjadi. Tidak terkecuali dengan Masjid Biru yang difungsikan sebagai gudang. Tahun 1956, Presiden RI Soekarno melakukan kunjungan ke Uni Soviet dan beliau juga menyempatkan untuk mendatangi Masjid Biru namun fungsinya saat itu sudah berubah sebagai gudang.

Kunjungan tersebut memiliki arti penting karena setelahnya, Presiden Soekarno berdialog dengan pemimpin Rusia yaitu Nikita Khrushchev untuk mengembalikan fungsi Masjid Biru. Dan pada akhirnya sepuluh hari setelah dialog dilakukan, Masjid Biru kembali digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed