by

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Forum Ekonomi Islam Dunia Islam ke 12

Jakarta, 2016/10/05 MoF – Tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) untuk kedua kalinya. Forum ini, yang akan dihadiri oleh 2.500 delegasi dan 60 tokoh penting dari 100 negara, akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 2-4 Agustus 2016.
“Kami melihat bahwa ini adalah forum terkemuka karena mengundang orang-orang dari latar belakang yang berbeda,” kata Menteri Keuangan dalam sambutannya di Jakarta, Selasa (05/10).
Dalam kesempatan ini, tema-12 WIEF akan menjadi “Desentralisasi Pertumbuhan, Empower Bisnis Masa Depan.” Visi ini tema ini adalah untuk menggali dan mengembangkan peran penting Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara seluruh dunia.
“Jadi kami ingin mengundang sebanyak UKM di Indonesia untuk berpartisipasi dalam WIEF,” jelas Menteri.
Selain itu, Menteri Keuangan lebih lanjut menjelaskan beberapa sektor yang dapat memperoleh keuntungan dari ekonomi Islam, industri yaitu kreatif, pariwisata Islam, pasar makanan halal, dan keuangan Islam. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemain utama dalam ekonomi Islam, yang tumbuh pesat.
“Kami melihat bahwa WIEF sangat strategis untuk Indonesia,” kata Menteri.
Sebagai informasi, acara ini adalah kolaborasi WIEF Foundation, Departemen Keuangan, Sekretaris Negara, dan Kementerian Luar Negeri. WIEF ke-12 ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi Indonesia dan negara-negara lain; menjadi forum ideal bagi para pemimpin dunia, pelaku usaha, akademisi, tokoh masyarakat, pakar bisnis untuk bertukar pandangan dan pengalaman; dan memberikan solusi inovatif dan berkelanjutan untuk menghadapi tantangan bisnis dan peluang.
( sumber : www.kemenkeu.go.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed