by

Jepang Mulai Produksi Bento Halal

-halalFood-39 views

JAKARTA – Area pelayanan daerah Okazaki, Jepang, di Jalur Ekspres Shin Tomei memastikan akan mulai menjual bento (makanan dalam kotak) yang akan mulai dibuka pada Februari nanti. Keputusan tersebut diambil untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan, di mana angka wisatawan Muslim makin meningkat. “Kebanyakan bus wisata kami menggunakan jalur ekspres, tetapi kami belum pernah mendengar adanya area pelayanan yang menyediakan makanan halal,” ujar seorang staf Agensi Pariwisata Jepang, seperti dilansir Japantimes.com, Selasa (2/2).

Mengunakan produk yang dihasilkan petani dan peternak lokal, makanan tersebut akan disiapkan berdasarkan aturan Islam. Wisatawan Muslim tidak perlu mengkhawatirkan makanan mereka lagi ketika berlibur di Jepang. Saat ini sudah terdapat beberapa restoran di Jepang yang menyediakan makanan halal bagi Muslim, termasuk larangan mengonsumsi daging babi dan meminum alkohol. Untuk menu makanan bento sendiri yang disediakan oleh bus-bus wisata, akan diproduksi dan dijual oleh Toyotan Honpo Corp., yang berpusat di perusahaan Toyota dari Prefektur Aichi yang mengembangkan spesialisasi regional. Perusahaan tersebut akan membuka toko mereka di area pelayanan Okazaki.

Tempat istirahat yang telah di sediakan di jalur tersebut adalah lokasi yang strategis, tepat di tengah antara Kansai dan Kanto, di mana Toyotan Honpo mengurus kebutuhan makanan khusus kelompok-kelompok turis yang melakukan perjalanan panjang. Keputusan Toyotan Honpo menyediakan makanan halal muncul setelah biro-biro perjalanan memesan produk halal, sebab opsi bagi wisatawan Muslim untuk makanan berat menjadi terbatas dengan tidak adanya makanan yang tersertifikasi halal.

Menu-menu makanan yang ditawarkan antara lain chicken teriyaki, gyukakuni atau rebusan daging. Semua menu tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang telah mendapatkan sertifikasi halal. Untuk bento halal tersebut, dipatok harga dua ribu yen per porsi, atau sekitar 225 ribu rupiah.

Sumber Republika

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed