by

Karena Menekuni Hobi, cokelat buatan Ibu Hj Yanthi sukses tembus hingga ke Mancanegara

Anda Mungkin tidak menyangka ,jika produk cokelat  yang anda di pusat pusat pertokoan Mewah di Jakarta dan Bogor ternyata buatan dari industri coklat rumahan  milik Yanthi R di bawah bendera usaha Waroeng Coklat . ya..karena kemasan coklat produksi waroeng coklat yang walaupun hanya insdustri skala rumahan , namun kemasan nya sangat eksklusif , unik dan  bercita rasa tinggi tidak kalah dengan coklat buatan luar negeri  ,selain tentu rasanya yang lezat. di dikatakan coklat buatan Yanthi R merupakan perpaduan antara kelezatan dan Cita rasa seni dalam pengemasan dengan mengangat unsur budaya Indonesia.

Dalam kunjungan untuk bersilaturohmi langsung ke Ibu Yanthi R di kediaman beliau sekaligus sebagai workshop produksi  yang ada di jalan Anngada I No 11 Perumahan Bumi Indrapasta Bogor . Yanthi menceritakan dengan terbuka dan senang hati kepada kami bagaimana proses usaha Waroeng Coklat yang ia rintis mulai dari Nol hingga bisa semaju sekarang , dengan harapan akan menginspirasi siapa saja , khususnya para Ibu untuk berani memulai sebuah usaha dan menekuni hobi menjadi bisnis .

Saya sebenarnnya hanya mengubah hobi menjadi kegiatan yang bernilai bisnis , lewat ketekunan , inovasi yang terus menerus , kesabaran dan keberanian untuk menghadapi kerasnya persaingan .kalau kita melakukan sesuatu karena ,hobi sudah pasti kita akan melakukanya dengan senang hati dan tidak akan pernah merasa bosan , sebab tidak ada paksaaan , kekuatan akan muncul dari dalam diri kita , ujar Ibu dari 2 anak juga pernah bekerja sebagai karyawati di Surabaya sebelum akhirnya hijrah ke Bogor.

Saya sadar sebagai pengusaha yang mengawali usaha golongan UKM alias Usaha Kurang Modal , dengan modal hanya 500 ribu di tahun 1998 , ketika krisis Moneter menghantam Indonesia , canda Ibu Ramah dan tak sungkan berbagi ilmu kepada siapa saja ini . kami mengalami yang namanya di PHK , mencari pekerjaan ke sana sini , namun semua itu menjadikan tekat perjuangan kami semakin kuat untuk menjadi mandiri secara ekonomi lewat mencoba berwirausaha melalui hobi saya membuat coklat . semoga temen temen pelaku UKM yang seringkali di lecehkan dengan sebutan Usaha Kurang Modal kelak  mampu mengubah paradigmanya menjadi Usaha Kecil Milyaran , amin 3x , ujar Ibu yang sering do minta  mengajar tentang proses produksi coklat ke berbagai komunitas dan calon calon usahawan di berbagai daerah di Indonesia ini . 

coklat

Salah satu kiat agar produk cepat di kenal adalah selalu ikut berbagai kesempatan pameran / Bazar untuk memperluas jaringan network pasar , alhamdulilah karena seringnya mengikuti pameran , justru seringkali Waroeng Coklat seringkali di minta untuk mengikut pameran di event event besar baik dalam maupun luar negeri , seperti Pameran Agrinex , Mihas di Malaysia , PPE Kemayoran , JHCC dsb . salah satu keuntungan kita mengikuti uti event event berskala besar adalah , kesempatan produk kita dikenal secara nasional dan internasional semakin besar , dan kesempatan mendapatkan pesanan dari kalangan corporate semakin besar , ujar Ibu ramah ini kepada kami. Alhamdulilah, Waroeng Coklat telah banyak mendapatkan kepercayaan pesanan produk coklat souvenir seperti  untuk kebutuhan company gathering, corporate seperti Martha Tilaar , BNI 46 dan lain sebagainya.

coklat2

Kini, produk yang dibuat Yanthi sudah mencapai 20 varian. Untuk kue kering berlapis cokelat kemasan toples berat 250 gram, di antaranya Cokelat Milk Cheese, Cokelat Pindekas, Cokelat Almond Cappucino, Cokelat Dark Cheese, Cokelat Polkadot, Cokelat Marbel, Cokelat Kurma, Cokelat Etnick, Cokelat Macadamia, Sagu Keju, Cokelat Candy, Cokelat Crispy, dan Cokelat Black & White dengan masa kedaluarsa 4-6 bulan .

Sedangkan untuk cokelat bar meliputi Ginger Chocolate, Milk Chocolate, Dark Chocolate, White Chocolate, High Fibre Chocolate, dan Sugar Free Chocolate yang kedaluarsanya sampai satu tahun. Cokelat bar terdiri dari 3 ukuran, yaitu 40 gr, 50 gr, dan 100 gr . Khusus untuk kue kering berlapis cokelat, Yanthi banyak memproduksi untuk momen-momen tertentu saja, seperti Lebaran, Natal, dan Valentine. Sementara cokelat bar diproduksi untuk segala momen.

Menurut Yanthi, varian tersebut tidak termasuk dengan produk yang dibuat untuk momen Valentine. “Kalau dijumlahkan, totalnya lebih dari 50 varian,” kata ibu dari Dimitri dan Candida ini.

Produk cokelat buatan Yanthi khususnya cokelat bar, dapat dibeli di outlet-outlet ternama di Bogor, Bandung, dan Jakarta, seperti di Alun-alun Indonesia, Healthy Choice, dan Serambi Botani yang totalnya lebih dari 10 outlet. Sedangkan untuk produk cokelat kemasan toples, dapat ditemui di agen-agen Waroeng Cokelat yang tersebar di Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Saat ini, jumlah agen Waroeng Cokelat mencapai 100 orang. Namun diakui Yanthi, tidak semuanya termasuk agen aktif yang rutin memesan, agen pasif sebanyak 20% dari total agen. Yanthi menetapkan syarat pembelian awal sebesar Rp 3 juta atau 5 lusin kue kering cokelat tanpa retur. “Tapi tidak ada jumlah target untuk repeat order, saya bebaskan mereka,” jelasnya.  

 semoga kisah perjalanan usaha saya bermanfaat dan dapat menginspirasi ibu ibu di Indonesia , ujar nya menutup bincang bincang dengan kami.

 warung coklat

Peneliti di AS menyebutkan memakan sedikit saja cokelat hitam memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan berolahraga. Bila dikombinasikan dengan olahraga, efek coklat bisa meningkat 50 persen.

Peneliti dari Wayne State University, Detroit, Michigan, menemukan sebuah kandungan dalam cokelat yang bernama epicatechin menstimulasi pertumbuhan otot sama halnya jika kita melakukan jogging.

Dalam uji coba terhadap tikus, ditemukan zat itu memproduksi lebih banyak mitokondria, yakni baterai kecil yang memberikan energi ke tubuh dan meningkatkan jumlah kapiler yang menghantarkan oksigen ke otot.

“Aktivitas aerobik seperti berlari atau bersepeda memang dikenal mampu meningkatkan jumlah mitokondria dalam sel otot,” kata Dr Moh Malek seperti dikutip dari Daily Mail.

“Studi kami juga menemukan bahwa epicatechin tampak memberikan manfaat dan respons yang sama, baik terhadap jantung maupun otot,” tambahnya. Mereka pun berharap efek ini bisa diterapkan pada manusia. Studi ini telah dipublikasikan pada Journal of Physiology, 14 September 2011, makanya jangan takut makan coklat …karena dampaknya ternyata bagus untuk kesehatan 

Waroeng Cokelat
Choice Art Of Chocolate
Jl.Anggada 1 No 11 Perum Indrapasta I Bogor 16153
Hj.Yanthi SE  phone: +62 251 8378 423
Mobile phone : +62 856 124 6562 / +62 812 821 6295
email : yanthi_ckt@yahoo.co.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed