by

Khasiat ajaib oatmeal untuk wajah kita

 Selain pas untuk dijadikan menu sarapan pagi, oatmeal ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah. Meski pun hal ini terlihat ganjil dan tidak sesuai untuk peruntukan, namun sudah banyak wanita yang membuktikan khasiat oatmeal untuk kecantikan wajah.

Menurut salah seorang ahli dermatologi asal New York, Amerika Serikat bernama Dr. Army Wechsler, setidaknya ada empat alasan mengapa oatmeal sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah.

Keempat alasan tersebut yaitu:

  • Dapat mengatasi kekeringan pada kulit
  • Memberikan efek Moisturizing
  • Dapat memberikan pertahanan ekstra pada kulit, dan
  • Dapat membantu membersihkan pori kulit

2

CIRI CIRI KULIT SENSITIF

Kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra agar tetap terjaga dari berbagai masalah yang kerap dialami, seperti memerah, kusam, kering dan sebagainya. Kira-kira apakah kulit anda termasuk kulit yang sensitif? Jika anda masih bingung silahkan simak beberapa ciri-ciri kulit sensitif berikut ini: 

  • Ciri kulit sensitif yang pertama adalah struktur permukaan Kulit tipis sehingga garis garis halus yang berwarna kebiruan, kehijauan atau kemerahan pada pembuluh darah dapat terlihat .
  • Biasanya kulit sensitif juga tumbuh jerawat akan menimbulkan bekas dan sulit untuk dihilangkan.
  • Pemilik kulit sensitif biasanya juga mudah memerah kulitnya, pedih atau bahkan gatal ketika wajah diolesi kosmetik atau pelembab wajah.
  • Ciri berikutnya adalah kuli anda mudah kering dan bersisik pada siang hari atau ketika berada diruangan berAC dalam beberapa menit saja.
  • Pemilik kulit sensitif juga mudah terkena alergi seperti gatal, ruam kemerahan atau bengkak karena perubahan cuaca dan debu.
  • Tidak jarang juga kulit sensitif akan mudah terluka dan tergores ketika mengaplikasikan pelembab wajah yang cenderung membuat wajah kemerahan dan terasa panas.
  • Ciri kulit sensitif yang terakhir adalah apabila kulit mengalami luka akan sulit atau agak lama untuk sembuh.

Kira-kira, kenapa kulit kita menjadi sensitif? Berikut ini beberapa pemicu kulit sensitif menjadi tidak stabil:

  • Penyebab yang pertama adalah keturunan
  • Selanjutnya, perubahan cuaca juga menjadi penyebab kulit sensitif menjadi tidak stabil
  • Salah memiliki kosmetik
  • Terlalu sering perawatan wajah
  • Tidak paham merawat kulit dengan benar
  • Tidak pernah merawat wajah
  • Kuraangnya asupoaan gizi seimbang
  • Karena serangan radikal bebas termasuk paparan sinar mataahari dan polusi udara
  • Akibat faktor gaya hidup yang kurang sehat
  • Kurang olahraga

Nah, untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau yang normal, anda bisa menggunakan oatmeal perawatan wajah. Perawatan wajah dengan oatmeal terbukti dapat memperbaiki, mempertahankan dan melindungi kondisi kulit agar tetap canti dan lebih sehat. Oatmeal memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan kulit sensitif.

KANDUNGAN NUTRISI OATMEAL

 

Berikut ini kandungan nutrisi oatmeal yang sangat luar biasa:

  • Amino acids. Tahukah anda, Oatmeal mengandung 18 amino acids yang berbeda-beda dan bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak serta menyembuhkan jerawat yang timbul pada wajah. Selain itu, amino acids juga dapat mengembalikan warna kulit wajah kita yang sebelumnya terdapat noda hitam serta bekas luka.
  • Hypoallergenic.  Kandungan oatmeal yang satu ini berkhasiat untuk memutihkan dan melembutkan kulit. Hypoallergenic juga membuat oatmeal aman untuk digunakan pada kita yang memiliki tipe kulit sensitif atau alergi terhadap zat tertentu. Bukan hanya itu saja, hypoallergenic mampu menyembuhkan ruam, gejala alergi, luka akibat paparan sinar matahari, dan lain-lain.
  • Saponin. Saponin sendiri bermanfaat untuk membersihkan wajah dari segala kotoran serta minyak berlebih.
  • Polysac charides. Bermanfaat untuk membentuk lapisan baru pada kulit dan efektif untuk membersihkan kotoran pada wajah secara maksimal dan mengembalikan kelembaban kulit pada wajah yang kering.
  • Betaclugan. Kandungan oatmeal selanjutnya adalah betaclugan yang bermanfaat untuk menutrisi kulit secara maksimal dan mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah serta meningkatkan daya tahan kulit.
  • Antioksidan. Antioksidan yang terdapat di dalam oatmeal bermanfaat untuk menjaga kulit dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat membuat kulit kehilangan elastisitasnya yang mengakibatkan terjadinya penuaan dini pada wajah.
  • Vitamin B1. Kandungan vitamin B1 pada oatmeal bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan memutihkan warna kulit kita.
  • Vitamin E. Vitamin E bermanfaat untuk menutrisi kulit secara maksimal serta mencegah datangnya keriput sejak dini.

RAGAM KHASIAT DAN MANFAAT OATMEAL UNTUK WAJAH

Jika Anda rajin melakukan perawatan wajah dengan menggunakan oatmeal, Anda bisa merasakan banyak manfaat oatmeal untuk wajah. Berikut ini TipsCantika rangkum untuk anda beberapa manfaat oatmeal untuk wajah cantik alami, di antara nya adalah:

1. MENCEGAH JERAWAT

Oatmeal sangat kaya akan zat antioksidan yang kuat dan aktif. Ketika diaplikasikan pada wajah, zat antioksidan yang terdapat dalam oatmeal akan membantu menekan zat radikal bebas yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Tidak hanya itu, oatmeal juga mengandung zat asam amino yang telah terbukti dapat membantu membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah.

2. MEMBERSIHKAN KULIT WAJAH

Manfaat oatmeal untuk wajah yang ke dua adalah sebagai bahan alternatif untuk membersihkan kulit wajah.

Kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling sering terpapar dengan udara bebas. Jika dibandingkan dengan bagian – bagian kulit yang lain nya, kulit wajah cenderung memiliki tingkat kekotoran yang lebih tinggi.

Jika dibiarkan begitu saja, kotoran yang menumpuk pada wajah dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan baru seperti jerawat, komedo hitam, dan lain sebagai nya.

Nah, agar semua permasalahan tersebut tidak terjadi, anda dapat membersihkan kulit wajah Anda dengan menggunakan campuran oatmeal dengan minyak zaitun.

3. MENGATASI PERMASALAHAN MINYAK BERLEBIH

Selain dapat membersihkan wajah dari kotoran yang mengganggu, ramuan oatmeal yang dicampur dengan minyak zaitun juga dapat berguna untuk mengatasi permasalahan minyak berlebih pada wajah.

Maka dari itu, jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, tidak ada salah nya jika Anda mencoba membersihkan wajah Anda dengan menggunakan campuran oatmeal dan minyak zaitun.

4. MENGANGKAT SEL KULIT MATI

Manfaat oatmeal untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai bahan alternatif untuk mengangkat jaringan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Jaringan sel kulit mati dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit wajah. Jika jaringan sel kulit mati dibiarkan menumpuk, berbagai macam masalah wajah seperti jerawat, kulit kusam, kulit tampak bersisik, dll akan segera timbul.

Nah, untuk membersihkan nya, Anda dapat mengangkat sel kulit mati di wajah Anda menggunakan oatmeal yang dicampur dengan beberapa tetes jeruk nipis / jeruk lemon.

Cara nya, siapkan oatmeal secukupnya (kira – kira pas untuk dipakai sebagai masker wajah), lalu tetesi dengan air jeruk nipis / jeruk lemon hingga basah. Aduk hingga tercampur merata, lalu aplikasikan pada kulit wajah sembari memberikan gesekan – gesekan lembut (menggunakan jari tangan). Setelah wajah dirasa cukup bersih, bilas wajah dengan air bersih.

5. MENGATASI PERMASALAHAN KULIT WAJAH SENSITIF

Manfaat oatmeal untuk wajah yang ke lima adalah sebagai obat alternatif untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang sensitif.

Kulit wajah yang sensitif cenderung lebih mudah terserang berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat, ruam, dsb. Hanya karena terpapar sedikit cahaya matahari, kulit wajah yang sensitif biasa nya akan langsung mengalami ruam kemerahan.

Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memanfaatkan campuran oatmeal dan buah nanas yang sudah masak. Cara nya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan oatmeal dan buah nanas yang sudah tua
  • Kupas buah nanas, lalu parut seperempat bagian nya
  • Tambahkan satu genggam oatmeal ke dalam nya
  • Aduk hingga membentuk pasta
  • Aplikasikan pada wajah sensitif secara rutin setiap 2 hari sekali

6. MENGATASI RASA GATAL PADA KULIT

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh American Academy of Dermatology, tingkat pH kulit yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rasa gatal di sekitar daerah kulit tersebut.

Nah, karena oatmeal dapat menurunkan tingkat pH, Anda bisa memanfaatkan nya untuk menghilangkan rasa gatal yang muncul pada kulit wajah Anda.

Cara nya cukup sederhana. Ketika kulit wajah Anda gatal, Anda tinggal mencampur beberapa sendok oatmeal dengan air bersih. Setelah oatmeal mencair, Anda tinggal mengaplikasikan nya pada bagian kulit wajah Anda yang terasa gatal.

7. SEBAGAI BAHAN EXFOLIATOR YANG AMAN

Manfaat oatmeal untuk wajah yang berikutnya adalah sebagai bahan exfoliator yang aman untuk kulit.

Saat hendak membersihkan sel kulit mati pada wajah, banyak orang yang menggunakan scrub secara berlebihan. Dampak nya, kulit wajah akan berubah menjadi kemerahan.

Nah, jika Anda mengalami hal ini, Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai Exfoliator alami untuk mengobati kemerahan yang timbul di wajah Anda.

Cara nya, Anda hanya perlu membuat pasta oatmeal dengan cara mencampur beberapa sendok makan oatmeal dengan air bersih. Setelah pasta siap untuk digunakan, Anda dapat langsung mengaplikasikan nya pada wajah Anda yang tampak kemerahan.

8. MENCERAHKAN KULIT WAJAH

Manfaat oatmeal untuk wajah yang ke delapan adalah sebagai bahan alternatif untuk mencerahkan kulit wajah.

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, oatmeal dapat menutrisi / melakukan moisturizing kulit secara langsung. Nah, salah satu efek positif yang akan didapatkan jika Anda menggunakan oatmeal untuk menutrisi kulit Anda adalah kulit yang lebih cerah.

Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah, Anda harus rajin – rajin menggunakan masker wajah yang dibuat dengan menggunakan oatmeal.

9. MEMASOK KEBUTUHAN PROTEIN KULIT WAJAH

Protein merupakan salah satu varian nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit wajah.

Nah, karena oatmeal sangat kaya akan protein, ketika diaplikasikan pada wajah, oatmeal dapat membantu memasok kebutuhan protein kulit wajah Anda.

10. MELEMBUTKAN KULIT WAJAH

Manfaat oatmeal untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai bahan alternatif untuk melembutkan dan menghaluskan kulit wajah.

Kulit yang cantik sangat identik dengan kulit yang halus dan lembut. Nah, agar kulit wajah Anda bisa menjadi lebih halus dan lembut, Anda dapat menggunakan masker wajah yang dibuat dari campuran oatmeal dan susu.

Cara nya:

  • Campurkan beberapa sendok oatmeal dengan susu murni (perbandingan 3:1)
  • Aduk hingga menjadi pasta
  • Aplikasikan sebagai masker wajah

11. MENDINGINKAN DAN MEMBUAT KONDISI KULIT LEBIH RILEKS

Manfaat oatmeal untuk wajah selanjutnya adalah dapat memebrikan efek dingin dan rileks. Untuk anda yang sudah menjalankan aktivitas seharian, biasanya kulit anda akan terasa tegang dan kaku bahkan memerah. Maka dari itu, anda bisa menggunakan masker oatmeal yang telah ditambahkan air mentimun secukupnya. Wajah akan kembali segar dan tidak tegang lagi akibat terserang keletihan akibat rutinitas kerja.

12. KULIT MENJADI LEBIH KENYAL DAN ELASTIS

Manfaat oatmeal untuk wajah selanjutnya adalah dapat menjadikan kulit wajah kita lebih kenyal dan meningkatkan elastisitas kulit kembali. Caranya yaitu dengan membuat masker oatmeal dengan tambahan buah strawberry yang tua, lalu dipakai setiap hari secara teratur dapat menjadi solusi terbaik untuk mewujudkan kulit sensitif menjadi lebih sehat, kenyal dan elastis.

13. MENYEMBUHKAN IRITASI KARENA KULIT YANG TERBAKAR

Selanjutnya, oatmeal juga berkhasiat untuk menyembuhkan iritasi di kulit. Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama akan membuat kulit kita menjadi merah dan akhirnya bisa terkena iritasi. Nah, anda bisa mengatasi kulit sensitif yang iritasi anda dengan menggunkan oatmeal.

Caranya yaitu dengan membuat masker oatmeal kemudian tambahkan susu murni tanpa gula dapat meredakan rasa panas dan terbakar, pada kulit sensitif dan menyembuhkannya jika telah terjadi iritasi.

14. MENGATASI KOMEDO

Jika wajah anda tumbuh banyak komedo, terutama di hidung dan sela-sela atara hidung dan pipi, maka menggunakan masker oatmeal bisa menjadi solusi yang jitu. Gunakan masker oatmeal sebelum melakukan uoaya  pengangkatan komedo dengan alat khusus yang sudah pasti harus disterilkan terlebih dahulu agar kulit sensitif, terhindar dari iritasi dan rasa perih sesudahnya.

15. MENGHILANGKAN KERIPUT 

Masker oatmeal juga bermanfaat untuk mengatasi keriput di wajah. Anda bisa menggunakan masker oatmeal untuk dijadikan masker harian agar kulit wajah anda tetap kencang dan bebas keriput.

16. MENYEMBUHKAN PEMBENGKAAN PADA KULIT SENSITIF

Oatmeal juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan pembengkakan pada kulit sensitif. Bengkak bisa terjadi biasanya karena gigitan serangga atau lebah.

17. DAPAT DIJADIKAN MOISTURIZING ALAMI

Selanjutnya, manfaat oatmeal untuk wajah andalah menjadi moisturizing alami. Caranya yaitu dengan menambahkan dengan air teh hijau. Masker tersebut dapat merawat kelembaban kulit agar tetap terjaga dan menghindari kulit sensitif terserang kering dan dehidrasi ketika tanpa sadar terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

18. MENJADIKAN KULIT SENSITIF LEBIH HALUS

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif selanjutnya adalah dapat menjadikan kulit anda lebih halus. Masker oatmeal juga bermanfaat untuk melindungi kehalusan kulit sensitif tetap dalam kondisi yang stabil. Struktur kulit tetap halus dan mulus tanpa harus khawatir akan teritasi atau timbul ruam kemerahan.

19. MENCEGAH KULIT SENSITIF MENJADI KUSAM DAN GELAP

Nutrisi yang ada pada oatmeal dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Kulit sensitif yang semula kusam dan cenderung gelap lambat laun akan berubah menjadi lebih cerah dan muda. memudarnya pigmentasi termasuk flek hitam tersebut, tidak mempengaruhi kesehatan kulit sensitif kondisinya akan tetap sehat.

20. MENGECILKAN PORI PORI KULIT SENSITIF

Manfaat oatmeal untuk wajah berikutnya adalah dapat mengecilkan pori-pori. Masker oatmeal ini ampuh membersihkan kotoran dan bakteri yang menetap didalam pori pori kulit tanpa membuat kulit menjadi kemerahan atau  kering. Pori-pori kulit akan lebih kecil dan terhindar dari serangan bakteri dan kembali segar.

21. MENYEMBUHKAN ALERGI KULIT SENSITIF

Selanjutnya, masker oatmeal yang dipadukan dengan parutan nanas tua bermanfaat untuk mengatasi alergi kulit sensitif. Masker ini bermanfaat untuk melindungi kulit sensitif dari serangan alergi akibat radikaal bebas berupa gatal gatal, kemerahan dan dapat mencerahkan kulit secara berkala tanpa membuatnya kering dan iritasi.

22. SEBAGAI ANTI AGING

Selanjutnya, masker oatmeal juga bermanfaat sebagai agen anti aging yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur kulit yang tidak rata dan kurang padat. Rutin menggunakan masker oatmeal akan membuat wajah menjadi awet muda dan cerah merona tanpa ditumbuhi jerawat meskipun tanpa menggunakan make up.

23. MENGHILANGKAN FLEK HITAM

Manfaat oatmeal untuk wajah yang terakhir adalah untuk menghilangkan flek hitam. Caranya yaitu dengan membuat masker oatmeal yang ditambahkan dengan buah strawberry, kemudian haluskan. Masker ini dapat memudarkan flek hitam akibat jerawat yang baru sembuh. Zat salisilat yang ada pada strawberry mampu menghilangkan parut dan perdangan jerawat yang sulit disembuhkan.

CARA MEMBUAT MASKER OATMEAL

Berikut ini beberapa cara membuat masker otmeal lainnya yang bisa anda coba sendiri di rumah:

OATMEAL PLUS MADU

Pertama anda dapat mengkombinasikan oatmeal denga madu .  Karena madu juga mempunyai khasiat yang baik untuk wajah .Cara membuatnya, pertama sediakan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu, serta 2 sendok makan susu yang akan kita campur hingga rata. Kemudian, masker yang sudah siap ini dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama 15-20 menit hingga mengering lalu kita bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

madu
Masker ini aman untuk dilakukan setiap hari sehingga kulit wajah kita tidak menjadi kering lagi serta terjaga kelembaban dan kekenyalannya.

Bahan masker oatmeal:

  • 2 sdm oatmeal
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm sari jeruk lemon/jeruk nipis
  • air secukupnya, jangan terlalu encer

Caranya:

  1. Campur semua bahan menjadi satu di mangkuk plastik. Lebih baik tidak menggunakan mangkuk/wadah berbahan alumunium karena bisa bereaksi dengan jeruk nipis.
  2. Aplikasikan di wajah dan biarkan sedikit kering.
  3. Massage dengan gerakan memutar, perlahan saja. Jangan kasar dan hindari bagian jerawat yang meradang.
  4. Perlahan bilas dengan air hangat. Kemudian kompres wajah dengan es batu untuk kembali menutup pori.

OATMEAL PLUS APEL

Selain dipadukan dengan madu, anda juga bisa membuat masker oatmeal dengan apel. Caranya yaitu:

  • Sediakan 1 sendok makan madu, 2 sendok makan oatmel dan 2 sendok makan parutan apel.
  • Kemudian masukan semua bahan tadi kedalam satu wadah lalu aduk perlahan hingga merata.
  • Jangan lupa tambahkan juga beberapa tetes air mawar agar khasiat lebih optimal.
  • Setelah itu oleskan atau terapkan masker ini pada wajah secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 10-15 menit atau sampai mengering.
  • Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih.

apel

OATMEAL PLUS YOGURT

Selain itu, anda bisa menambahkan yogurt untuk masker oatmeal anda, caranya yaitu:

  • Pertama sediakan 1/4 cangkir oatmeal yang sudah ditumbuk, 2 sendok makan yogurt tawar dan 1 sendok teh madu.
  • Campur rata bahan di atas sampai membentuk pasta.
  • Setelah itu cuci wajah anda dan tepuk tepuk dengan handuk lembut hingga kering.
  • Kemudian oleskan masker ini pada wajah secara merata dan pastikan terbalut sempurna.
  • Diamkan selama 15-20 menit atau sampai masker oatmeal mengering.
  • Terakhir bilas wajah anda dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut

yoghurt

Itu lah beberapa manfaat oatmeal untuk wajah yang akan Anda dapatkan jika Anda mau melakukan perawatan wajah menggunakan oatmeal secara rutin dan teratur.

Sekedar info tambahan, selain untuk perawatan wajah, oatmeal juga bisa Anda pakai untuk perawatan kulit di bagian tubuh Anda yang lain nya. Dalam praktek nya, Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai bahan untuk lulur, bahan campuran air untuk berendam, dll.

dari tipscantika

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed