by

komplikasi asma yang kita perlu tahu

Anda dapat menderita berbagai macam komplikasi kesehatan jika gejala asma Anda tidak ditangani dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada gaya hidup Anda hingga harus tinggal di rumah sakit atau bahkan kematian.

Gangguan gaya hidup

Tidur

Beberapa pasien asma mengalami gejala penyakit mereka pada malam hari. Jika ini berlanjut maka akan berujung pada gangguan tidur yang serius. Gangguan tidur kronis dapat mengganggu kemampuan anda dalam beraktivitas secara benar saat kerja maupun sekolah.  Gangguan ini bisa jadi sangat berbahaya ketika mengemudi atau bekerja dengan mesin.

Kegiatan fisik

Asma dapat menghalangi beberapa orang dari kegiatan latihan cardiovascular atau olahraga. Kekurangan olahraga dapat berakibat pada munculnya resiko gangguan kesehatan lain dan penambahan berat badan. Kekurangan kegiatan fisik juga dapat mengakibatkan depresi dan stress psikologis lainnya.

Produktivitas

Gejala asma yang parah dan timbul terus menerus dapat mengakibatkan banyaknya absen di kantor atau sekolah. Menurut Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA), asma adalah alasan utama anak-anak untuk izin tidak masuk sekolah.

Remodeling saluran pernapasan

Untuk beberapa orang, asma dapat menyebabkan peradangan kronis pada saluran pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan perubahan permanen pada struktur saluran pernapasan jika tidak diatasi dengan benar. Hal ini biasa disebut remodeling saluran pernapasan. Perubahan ini akan terjadi pada semua struktur sel dan jaringan pada saluran asma. Perubahan ini dapat berakibat pada kehilangan fungsi paru-paru dan batuk kronis. Perubahan permanen yang mungkin terjadi adalah:

  • Penebalan dinding saluran pernapasan
  • Memperbanyak kelenjar lendir dan produksi lendir
  • Meningkatkan suplai darah di saluran pernapasan

Rawat inap

Menurut AAFA, asma turut berkontribusi sekitar seperempat dari keseluruhan jumlah pasien yang memenuhi ruang emergency rumah sakit di U.S. Untungnya, hampir semua orang dapat selamat bahkan dari serangan asma yang akut dengan perawatan darurat.

Gejala yang mengindikasikan bahwa Anda harus segera mencari pertolongan darurat adalah:

  • Kesulitan bernapas yang ekstrem
  • Nyeri di dada
  • Kesulitan berjalan atau berbicara
  • Bercak kebiruan pada kulit

Di rumah sakit, Anda akan diberikan oksigen melalui masker atau selang. Anda pasti memerlukan tanggapan yang cepat atau dosis steroid. Anda akan dipantau selama beberapa jam hingga stabil. Dalam beberapa kasus, selang pernapasan mungkin akan dimasukkan kedalam saluran pernapasan anda untuk mengatur aliran udara kedalam paru-paru hingga gejala asma Anda dapat dikontrol.

Kematian

Beberapa serangan asma dapat menyumbat aliran udara. Hal ini dapat berujung pada kegagalan sistem pernapasan bahkan kematian jika tidak ditangani dengan segera. Bagaimanapun, AAFA juga mengindikasi bahwa banyak dari kematian ini yang dapat dicegah dengan penanganan darurat yang benar sesuai gejalanya.

hellosehat.com

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field

News Feed