Luncurkan IDF, MUI Kumpulkan Infak Satu Miliar

By: On: test
Luncurkan IDF, MUI Kumpulkan Infak Satu Miliar

Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat gebrakan baru. Meluncurkan sebuah lembaga yang akan menghimpun dan mendistribusikan dana umat Islam seperti zakat, infak dan shadaqah bernama Islamic Development Fund (IDF) bertepatan dengan peringatan tasayakur Milad ke-41, Kamis malam (04/08/2016).  Walaupun secara resmi, IDF-MUI dibentuk pada 29 Juni 2016 lalu.

Sebagai langkah awal, IDF-MUI melakukan sejumlah kerja sama dengan berbagain pihak. Pada peluncuran IDF-MUI di Balai Kartini, Jakarta, Kamis malam, Ketua IDF-MUI Lukmanul Hakim telah menandatangani kerja sama dengan sejumlah bank syariah di antaranya BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan Bank Mega Syariah. Selain itu juga kerja sama dengan jaringan bisnis ritel TransMart Carefour dan Restoran Solaria.

“Kerja sama ini merupakan komitmen awal untuk bersama-sama menggalang dana demi meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan kemandirian umat,” kata Lukmanul Hakim.

Sebelumnya Lukman juga meluruskan kesalahan persepsi oleh Wapres Jusuf Kalla yang mengira MUI akan mendirikan lembaga keuangan semacam bank. Padahal lembaga yang didirikan MUI ini hanyalah seperti Lembaga ZIS (Lazis) pada umumnya. Hanya saya, IDF-MUI lebih fokus pada pemanfaatan teknologi informasi.

Menurut Lukman, pembentukan IDF-MUI ini didasari pertimbangan banyaknya program penting bagi umat yang harus dilaksanakan. Program-program tersebut membutuhkan dana yang besar. Karena itu MUI berinisiatif menghimpun dana dari masyarakat untuk masyarakat.

Apalagi, berdasarkan data terbaru, potensi zakat umat Islam Indonesia yang mencapai Rp285 triliyun ternyata baru berhasil dihimpun dua persen saja. Angka ini sangatlah sedikit sekali bila dibandingkan dengan potensi yang ada.

Pada peluncuran IDF-MUI semalam, berhasil dikumpulkan donasi secara langsung senilai satu miliar rupiah. Ditambah dengan donasi melalui aplikasi yang telah dibuat senilai sekira Rp15 juta.

red: shodiq ramadhan

(Sumber : suara-islam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply