Makanan pengganti nasi bagi penderita diabetes

Seperti yang kita ketahui, nasi merupakan salah satu makanan pokok yang harus dipenuhi dalam setiap harinya sebagai sumber karbohidrat . Belum lengkap rasanya kalau belum mengonsumsi nasi, karena kita terbiasa dari kecil mengkonsumsi nasi , sehingga ada kata-kata bahwa kalau belum makan nasi rasanya belum makan .
Meskipun begitu, bagi seseorang yang menderita diabetes atau penyakit gula tidak baik mengonsumsi nasi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan nasi putih memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup tinggi. Yaitu 88 hingga 89, sehingga bisa membuat gula darah cepat naik

Makanan Pengganti Nasi

Semakin tinggi suatu GI tentu saja ini memiliki dampak terhadap kenaikan kadar gula darah dan pada akhirnya ini akan menyebabkan penyakit diabetes. Lalu apa saja makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Inilah makanan pengganti nasi yang perlu diketahui
Beras merah

Jika beras putih tidak baik untuk penderita diabetes, maka berbeda dengan beras merah. Beras merah merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang dapat Anda coba. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki GI yang rendah yaitu hanya 50. Selain dapat mengontrol kadar gula dalam darah, beras merah juga kaya akan serat dan vitamin B. Serat berfungsi untuk meningkatkan kepekaan sel dalam menerima hormon insulin. Sedangkan vitamin B dapat memenuhi asupan vitamin dalam setiap harinya.

berasmerah


Singkong

Yang kedua adalah singkong. Meskipun sering dianggap sebagai makanan kelas bawah. Akan tetapi seseorang penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini. singkong merupakan sumber karbohidrat komplek yang memiliki nilai GI dibawah 55. Tak hanya itu saja, sama seperti beras merah, singkong juga kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahar di dalam tubuh. Anda bisa mengolah singkong dengan cara direbus, dikukus ataupun dibakar.

singkong

Roti gandum

Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah roti gandum. Roti gandum whole grain pada umumnya lebih baik jika dibandingkan dengan roti gandum yang whole wheat. Hal ini dikarenakan roti gandum whole grain hampir tak memiliki efek untuk menaikkan kadar gula dalam darah. Meskipun begitu, jangan mengonsumsi roti gandum secara berlebihan.

rotigandum

Talas

Meski tak sepopuler roti gandum, singkong ataupun beras merah talas juga memilki kandungan vitamin yang sangat besar. Kandungan terbesar di dalam talas adalah protein dan juga karbohidrat. Selain dapat mengontrol gula darah, talas juga dapat mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Talas yang direbus tanpa tambahan apapun terbebas dari kolesterol dan tentunya memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh.talas yang banyak dikonsumsi orang diabetes adalah talas belitung .

talas

Kentang

Selain sangat baik untuk diet, Kentang juga dapat Anda jadikan makanan pokok selain nasi. Akan tetapi cara mengolah kentang yang salah dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu ketika diolah menjadi kentang goreng. Proses penggorengan tersebut membuat kentang mengandung lemak dan kolesterol jahat. Cara terbaik dalam mengolah kentang adalah dikukus ataupun direbus.

kentang

Demikianlah ulasan mengenai makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes.mudah2an bisa lebih banyak variasi dan lebih waspada menjaga kesehatan.

Jangan lupa untuk sering kontrol, rajin olahraga, makan sehat sesuai takaran , berpikir positip  dan jauhi stress , dekatkan diri pada Allah swt.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply