by

Masyallah..Dua Bocah Ini Menabung Demi Sediakan Makanan bagi Jemaah Haji

Musim haji disambut begitu meriah oleh sebagian besar penduduk Arab Saudi. Mereka berlomba-lomba berbuat amal menjamu para jemaah haji dengan makanan dan minuman gratis.

Ternyata tidak hanya di kalangan orang dewasa saja, kebiasaan ini juga dijalankan oleh anak-anak. Mereka bahkan sampai menabung demi bisa menyediakan makanan dan minuman bagi para jemaah haji.

Seperti yang dilakukan oleh dua anak bersaudara asal Al Baha, sebutlah Mazen dan Bassim Al Zahrani. Mereka mengaku datang ke Mekah bersama orangtuanya untuk berhaji. Di Tanah Suci itu, kedua anak itu tak hanya berhaji, tapi juga menyediakan makanan dan minuman di jalan besar di Distrik Aziziyah di Mekah. Di kawasan itu, banyak jemaah haji tinggal lantaran dekat dengan Mina.

Kedua anak itu memanfaatkan waktu luang untuk beramal melayani para jemaah haji dengan air, teh, dan makanan. Mereka bilang, ibunya selalu mendorong untuk beramal dan menjadi relawan melayani para jemaah haji selama hari yang penuh keberkahan.

Dua bersaudara itu mengaku menyisihkan uang sakunya untuk membeli makanan dan air, kemudian dibagikan kepada para jemaah. Mazen dan Bassim tidaklah sendiri. Jejak mereka juga dijalankan oleh kebanyakan anak-anak Saudi yang lain.

Ini merupakan fenomena yang terjadi setiap musim haji. Anak-anak Saudi akan menabung sebagian uang sakunya dan akan membelikan makanan hangat, minuman, dan buah bagi para jemaah.

Saat uang habis itu habis, biasanya orangtua mereka akan memberi tambahan. Terkadang pula, organisasi sosial di Saudi juga memberikan mereka bekal untuk melatih jiwa sosial anak-anak itu. Kehadiran anak-anak tersebut sangat membantu para jemaah haji. Seperti yang diungkapkan oleh jemaah haji asal Yordania, Abu Ghaida.

” Saya sangat senang melihat anak-anak Saudi melakukan ini. Mereka adalah generasi masa depan yang akan melanjutkan amal baik ayahnya,” kata dia.

Sumber: saudigazette.com.sa 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed