Medan Bangun Menara Masjid Tertinggi se-Asia

Medan Bangun Menara Masjid Tertinggi se-Asia

Detikhalal.com – Menara masjid tertinggi di Asia dan yang ketiga di dunia, akan segera berdiri di Masjid Agung Medan. Menara ini merupakan salah satu bagian dari renovasi pembesaran masjid yang telah berdiri sejak 47 tahun lalu.

Renovasi total Masjid Agung Medan ini ditandai dengan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti yang dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (15/1). Renovasi ini ditargetkan selesai dua tahun lagi atau pada 2018. “Semoga Allah meridhai pembangunan ini,” kata Lukman.
menteri-agama-2
Lukman mengatakan, pembangunan masjid pada hakekatnya tidak hanya membangun fisik semata, namun juga membangun dan menggagas program-program yang akan dikembangkan masjid Tersebut. Masjid diharapkan dapat membuat program yang dapat mensejahterakan masyarakat dan menebarkan kedamaian.

“Karena Islam adalah agama yang menebarkan keselamatan bagi sesama makhluk di dunia ini. Mudah-mudahan masjid ini seperti itu,” ujar Lukman. Renovasi terakhir dilakukan pada 1994 lalu. Pelebaran Masjid Agung kali ini diestimasi menghabiskan dana sebesar Rp 400 miliar. Menara yang akan dibangun dirancang akan setinggi 199 meter.

menaramasjid

Masjid ini berdiri di atas lahan 10 ribu meter persegi. Saat ini, luas bangunan adalah 1.000 meter persegi dan mampu menampung 1.200 jamaah. Setelah renovasi, luas bangunan Masjid Agung Medan akan menjadi 5.000 meter persegi dan mampu menampung 5.000 jamaah.

“Ada tambahan bangunan fasilitas lain, seperti gedung pertemuan, hall transisi, perpustakaan, galeri masjid agung, menara city view, roof garden, dan kantor kenaziran. Selain itu juga pembesaran kantor pengelola TPA dan TKA, rumah penjaga, cafetaria, tempat wudhu, dan toilet serta ramp difabel dan lift eskalator,” kata Wakil Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung, Musa Idhishah.

Seperti dilansir republika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply