by

Membuat Sushi Bersertifikat Halal

Berusaha dengan niat ibadah. Itulah yang dipegang teguh oleh Dian Kristirahayu Catur, owner SushiBar halal. Di restoran itu ia menyajikan menu sushi yang bahannya seratus persen halal. Ia bersyukur produknya sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Awal mulai karier, sebenarnya Dian Kristirahayu Catur hanyalah ibu rumah tangga biasa. Ia juga bukan seorang pengusaha. Pada fase tertentu muslimah ini ingin mendirikan suatu usaha dengan niatan ibadah, yakni membantu orang lain agar bisa bekerja. Jauh sebelumnya Dian adalah seorang karyawati di salah satu media Jakarta sebagai sekretaris redaksi sekitar tujuh tahun yang lalu. Setelah itu, Dian berkomitmen untuk fokus menjadi ibu rumah tangga murni, dengan keseharian mengurus rumah tangga, anaj dan suaminya.

Di sisi lain,saat ibu dua anak itu masih menjadi ibu rumah tangga, ia aktif dikegiatan sosial, seperti penanganan korban banjir. Bersama rekan-rekannya pengajian di majlis taklim, Dian ingin mengabdikan kepada umat yang membutuhkan bantuannya.

“saya memang sangat senang dengan kegiatan sosial itu. Tapi, saat fase berjalan , saya ingin mewujudkan mimpi yang sudah lama, yakni mendirikan restoran halal untuk umat,” tuturnya di outlet SushiBar, Kuningan City, Jakarta Selatan.

Sebenarnya, menjadi pebisnis sukses seperti saat ini, tidak disangka sebelumnya. Apalahi menjadi leader bagi karyawan-karyawan lainnya. Hati Dian lama-lama tergerak dengan impian sebelumnya yang ingin memiliki restoran sendiri. Hingga akhirnya terwujudlah Restoran SushiBar halal.

Pertama kalinya SushiBar adalah restoran yang memiliki konsep dengan bar yang menyajikan menu khas jepang sushi di Indonesia yang bersertifikat halal. Restoran SushiBar berdiri pada tahun 27 Agustus 2012.” Alhamdulilah, konsep kita bisa diterima oleh masyarakat . kita berusaha memberikan menu yang dijamin sehat, berkualitas, higenis, dan halal,” kata dia.

Seratus persen Halal

Muslimah kelahiran 8 Oktober 1966 ini mengatakan, anak-anaknya memang suka makanan sushi lantaran ada beberapa bahan dari sushi yang berasal dari salmon sasimi. Setelah mencari informasi dari berbagai sumber, barulah Dian menyimpulkan bahwa Salmon Sasimi benar-benar menyehatkan.”jadi, bisa membuat anak cerdas,” ucapnya lugas.

Ditanya motivasi berdirinya SushiBar Halal, Dian menjawab bahwa motivasinya karena dia menyadari jika dirinya adalah seorang muslimah. Dimana ia mengetahui bahwa seluruh umat islam didunia diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang halal. Saat hendak mendirikan SushiBar, Dian juga berfikir bagaimana meramu Sushi tapi yang berbahan halal semua.

Sementara yang selama dipelajari Dian adalah bahan dari sushi juga tak sedikit yang menggunakan bahan yang tidak di anjurkan dalam islam. Karna itu ia merasa tertantang untuk membuat sushi namun halal.

“namun,setelah beberapa lama mencari bahan penggantinya, akhirnya oleh LPPOM MUI dinyatakan semuanya halal,”beber Dian.

Disisi lain, Dian mengajarkan kepada karyawannya untuk selalu tepat beribadah. Dalam salat jumat misalnya, Dian membuat aturan bahwa setiap pukul 11.30-13.00 Semua karyawan pria wajib untuk salat jumat. Sementara dalam urusan keluarga, Dian merasa bersyukur karena seluruh keluarganya mendukung usaha sushi. Terlebih suaminya yang selalu mensupport dirinya.

“alhamdulilah, suami saya itu terus mensupport saya dibidang ini,” tegasnya seraya terus mengucap syukur.”

 

Sumber: Nurani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed