Memperkenalkan Halal di Pantai Senggigi

Memperkenalkan Halal di Pantai Senggigi

Kawasan wisata senggigi yang berlokasi di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, selama ini dikenal sebagai salah satu kawasan wisata favorit, baik bagi wisatawan dalam Negeri maupun luar Negeri mengikat pengunjung dikawasan tersebut sebagian besar merupakan wisatawan Muslim, maka sangatlah penting untuk menjadikan senggigi sebagai kawasan wisata halal, yakni sebuah kawasan wisata yang ramah terhadap wisatawan muslim.

Untuk mewujudkan senggigi sebagai kawasan wisata halal, MUI Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk menggiatkan sertifikasi halal bagi restoran dan hotel di kawasan tersebut. Ketua Majelis Ulama Indonesia Nusa Tenggara Barat, Prof. H. syaiful Muslim menyatakan saat ini dari sekitar 45 hotel dan resto yang beroperasi di senggigi, baru ada 10 resto yang telah bersartifikat halal. “selebihnya, kami sedang menggalakan sosialisasi halal pada para pelaku usaha di Lombok Barat khususnya untuk segera melakukan sertifikasi halal, agar senggigi bisa menjadi kawasan wisata kelas dunia yang ramah terhadap wisatawan muslim,”Kata Prof. H. Syaiful Muslim di sela-sela Rapat Kerja Nasional MUI, di Jakarta pada 13 Agustus 2014 lalu.

Ditambahkan, mengingat sartifikasi halal untuk resto dan hotel di Lombok Barat merupakan langkah perintisan, pihaknya berharap agar pihak-pihak terkait dengan pariwisata senggigi. Seperti Pemerintah Kabupaten, asosiasi pariwisata dan pengelola hotel dan restoran, dapat turut berpartisipasi “ sejauh ini sudah ada komitmen dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengenai program ini,” tukasnya. Seperti diketahui, senggigi adalah salah satu destinasi wisata yang sangat digemari wisatawan asing. Tak kalah dengan itu, para penikmat perjalanan dari dalam Negeri juga banyak yang menjadikan Pantai Senggigi sebagai salah satu daftar tujuan wisata terfavorit.

Aksesnya Mudah

Perjalanan ke pantai Senggigi Lombok dapat di tempuh dari kota Mataram. Jika anda telah sampai di Kota Mataram atau telah mendarat di bandara udara selapang Mataram, maka perjalanan ke Pantai Senggigi akan memakai waktu hanya kurang lebih 30-50 menit. Untuk mencapai kawasan senggigi Anda dapat naik taksi, angkutan umum, atau menyewa motor untuk dapat tiba di Pantai Senggigi.

Jika anda ingin menggunakan angkutan umum dari Kota Mataram, maka anda harus mengambil angkutan jurusan Sweta-Ampenan. Ongkosnya Cuma 3 ribu per orang setelah tiba di Ampenan, anda harus naik angkutan lagi jurusan Ampenan- Senggigi dengan ongkos Rp 2 ribu per orang. Setelah tiba di senggigi, anda tinggal berjalan kaki selama kira- kira 3 menit untuk dapat tiba di pantai tersebut. Sambil berjalan kaki anda akan banyak menjumpai banyak warung dari toko makanan, penjual aneka souvenir, dan lain-lain. Nah, di kawasan inilah konsep halal muali di perkenalkan.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bekerja sama dengan majelis Ulama Indonesia setempat gencar melakukan sosialisasi akan pentingnya halal bagi para pengunjung di pantai Senggigi. Selain dapat menikmati indahnya pantai, dalam rute perjalanan menuju pantai senggigi ini, anda akan menyaksikan kendaraan tradisional Mataram yang dikenal sebagai Cidomo. Kendaraan tradisional ini beroperasi di tempat-tempat yang masih belum dapat dijangkau oleh mobil. Anda juga akan melewati pasar tradisional di Mataram, dikenal dengan nama Ampenan (kebon Roek). Pasar ini adalah pasar yang terdekat dari kawasan pantai Senggigi. Selepas pasar, anda akan menjumpai Makam Kramat serta melewati sebuah pura yang menjorok ke laut. Pura ini bernama pura Batu Bolong. Anda dapat berfoto-foto di kedua tempat ini karena cukup menarik dengan latar pantainya. Sehabis itu, anda akan tiba di kawasan wisata Pantai Senggigi Lombok.

Daya Tarik Pantai Senggigi Lombok

Apa yng membuat pantai senggigi menjadi tempat wisata yang terkenal? Tak lain dan tak bukan adalah panorama lautnya. Air laut pantai Senggigi begitu jernih dan bersih, bahkan anda dapat melihat langsung kawanan ikan yang berenang dengan bebasnya di laut Senggigi. Kehidupan terumbu karang di pantai Senggigi masih terpelihara hingga sekarang. Hal ini menjadikan salah satu tempat wisata di Lombok ini menjadi tujuan snorkeling yang diminati banyak kalangan. Hal ini di tunjang dengan air laut senggigi yang tidak berombak keras, dengan demikian anda tidak perlu khawatir akan terbawa arus laut saat snorkeling.

Menyelam ke alam bawah laut Senggigi adalah sangat menyenangkan karena anda akan menemukan keindahan laut yang alami. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di lokasi pantai, tak jauh dari gerbang pintu masuk pantai Senggigi. Selain itu, pantai Senggigi memiliki garis pantai yang panjang dan sangat indah di pandang sejauh anda memendnag garis pantainya, anda akan melihat gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Inilah salah satu kekuatan wisata Lombok saat ini. Dengan garis pantai yang panjang ini pula, pilihan aktivitas jogging menjadi salh satu kegiatan yang cukup di gemari di pantai senggigi.

Jikala sore hari, anda dapat melepas penat dengan bersantai di tepian pantai sambil menikmati tenggelangmnya matahari di Senggigi. Anda tidak perlu khawatir soal makanan dan minuman di tempat wisata ini pantai Senggigi Lombok adalah salah satu tempat wisata yang di pasilitasi secara lengkap, baik dari aneka hotel dan penginapan, hingga restoran meski belum semua restoran memiliki sertifikat halal, pengunjung bisa dengan mudah mengenali mana resto yang sudah halal dan mana yang belum bersertifikat halal.

Jurnal Halal

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply