by

NewYork di banjiri halal Food

Detikhalal.com  tantangan yang dihadapi turis muslim  saat berkunjung ke negara nonmuslim adalah mencari makanan halal. Beberapa strategi yang sering digunakan selama mencari penjual makanan halal di negara nonmuslim adalah dengan browsing di internet, bertanya pada teman yang pernah berkunjung ke negara tersebut, atau mencari tahu melalui petugas hotel tempat menginap.

Cara lainnya adalah mengunjungi masjid di kota yang dikunjungi, karena biasanya di sekitar masjid terdapat penjual makanan halal. Sedangkan sebagai langkah antisipasi terkadang harus membawa sendiri yang relatif awet dari negaranya .

Adalah Teuku Munandar , Pria asal aceh yang bertugas sebagai analis keuangan ini  berkesempatan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, tepatnya ke New York. Bayangan sulitnya mencari makanan halal telah dia  antisipasi dengan membawa mi instan dari Indonesia. Semula Teuku Munandar  berpikir, kemungkinan bakal sulit baginya  menemukan makanan halal di Amerika. Terutama pascatragedi serangan 11 September 2001 yang menghancurkan menara kembar World Trade Center (WTC) di New York.

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan selama kurang lebih 25 jam, tibalah Teuku  di Bandara John F Kennedy New York. Kepada seorang teman yang menjemputnya  di bandara, salah satu pertanyaan yang dia  ajukan adalah mengenai restoran halal yang ada di sekitar hotel tempat dia  menginap. Ternyata jawaban yang dia  terima cukup mengejutkan dan menarik. Teman tersebut menyampaikan bahwa saat ini Kota New York sedang dibanjiri oleh penjual makanan halal food. Lokasinya di pinggir-pinggir jalan dan tersebar di berbagai tempat.

Makanan yang dijual umumnya berasal dari Timur Tengah dan telah dimodifikasi dengan selera warga Amerika, di antaranya nasi briyani, nasi ayam atau kambing, dan kebab. Namun, ada juga makanan khas Amerika seperti sandwich, burger, dan hot dog. Para penjual yang kebanyakan merupakan orang Pakistan, India, dan Persia, menjajakan makanannya dengan menggunakan mobil boks/truk khusus, ataupun sejenis gerobak yang dapat ditarik dengan mobil. Harga yang dibanderol terbilang murah untuk ukuran di Amerika, yakni sekitar 5-7 dolar AS  ( Serambi Indonesia )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed