by

Peluang Pembiayaan Keuangan Syariah bagi UMKM

Acara 12th World Islamic Economic Forum yang bertepatan dengan peluncuran KNKS dan AKSI merupakan momen yang tepat untuk menjaring investor yang berguna bagi pembangunan ekonomi dan keuangan syariah. Hal itu dikatakan oleh Dr. Punky Sumadi, MCP yang merupakan pengurus pusat MES di Jakarta.  Menurut Pungky masih banyak yang bisa dilakukan oleh Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah melalui KNKS dan AKSI ini beberapa diantaranya adalah pembangunan Investment Bank, Reasuransi Syariah, hingga pengembangan pengelolaan Wakaf.

KNKS dan AKSI ini akan memberikan jaminan kepada para investor bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah dan memiliki perangkat yang lengkap dalam hal investasi. Misalnya OJK selaku regulator independen terus mempermudah pendaftaran produk produk syariah, BI juga sudah melakukan regulasi hedging syariah, adapun pemerintah sudah menerbitkan sukuk hingga menjadi penerbit sukuk terbesar di dunia. Oleh karenanya, potensi keuangan syariah masih bisa diperluas contohnya dengan memberikan kewenangan bank syariah untuk mengelola PNBP dan APBD.

Selain itu, di dalam KNKS sendiri akan dibentuk satu unit khusus untuk menggali sektor riil termasuk sektor UMKM. Satu unit khusus ini akan memiliki bagian promosi, bagian sosialisasi dan bagian advokasi sehingga nantinya KNKS bisa melihat potensi-potensi sektor riil, termasuk didalamnyaUMKM, yang bisa disinergikan dengan keuangan syariah. Oleh karenanya sangat tepat sekali jikalau KNKS diluncurkan pada momen WIEF karena pihak yang banyak diundang merupakan stakeholder UMKM.

Sumber : ekonomisyariah.org

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed