Planet Haji dan Umrah

By: On: test
Planet Haji dan Umrah

Destinasi Wisata Halal di Jakarta

Pengelola pusat belanja Thamrin City meluncurkan arena perbelanjaan baru bernama Planet Haji dan Umroh (PHU), jum’at (3/6). Ketua Komunitas Haji dan Umroh, Teguh Iman Perdana mengatakan,PHU di harapkan dapat menjadi kawasan ekonomi pariwisata yang unik.

“Di lantai 3A ini ada satu kawasan di mana masyarakat bisa memperoleh keperluan haji dan umroh secara lengkap,” ujar dia di Jakarta, Jumat (3/6).

Salah satu fasilitas yang ada di PHU Thamrin City adalah pemenuhan kebutuhan haji dan umrah yang lengkap, mulai dari pakaian, makanan, hingga agen travel. Selain itu, tempat ini menjadi semakin unik dengan adanya fasilitas foto selfie bagi para pengunjung.

Selfie dapat di lakukan dengan latar gambar ka’bah, pohon kurma asli, maupun replika unta. Di hari yang sama, panitia juga meluncurkan miniatur ka’bah yang menjadi sarana pelaksanaan manasik haji dan umrah. Kawasan ini juga diwarnai dengan ornamen geometrik yang memperkuat unsur religi.

Kepala Pengelola Thamrin City, Glend Hendra Gunadirdja mengatakan, tempat ini diharapkan dapat menjadi ikon perlengkapan serta oleh-oleh haji dan umrah. “Kita sudah tidak bicara Jakarta. Saya berharap, nantinya PHU untuk seluruh Indonesia,” ujar dia di Jakarta, Jumat (3/6).

Gland menjelaskan, saat ini Thamrin City telah menjadi salah satu tujuan wisata bagi para  pelancong dari Malaysia. Dalam promosi yang dilakukan di kawasan ASEAN, pembukaan PHU diharapkan mendapat sambutan positif dari berbagai negara. Oleh karena itu, Ia berpesan agar para pedagang dapat memperlancar bahasa Melayu demi memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan dari ASEAN.

Pengelola Thamrin City juga menyadiakan tambahan tiga lokal monay changer bagi pelancong mancanegara yang ingin berbelanja di Thamrin City. Selain itu, lahan parkir yang tersedia mampu menampung 4.900 unit kendaraan. Di lokasi ini juga di sediakan masjid dengan kapasitas 1.500 jamaah.

Masih sebagai bentuk pelayanan pelanggan, pengelola Thamrin City juga berkomitmen untuk menjadikan pusat perbelanjaan ini sebagai kawasan bebas rokok. Upaya ini menjadi salah satu bentuk pelayanan kepada pelanggan, yang 85 persen merupakan kaum perempuan.

“Perempuan sangat benci dengan asap rokok. Jangan sampai merokok, nanti dia pergi lagi,susah,” ujar Glend.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknik Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Kepariwisataan  (UPT PPSK) Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Ahmad Yani mengatakan, ada beberapa gal yang perlu menjadi catatan bagi para pedagang dan pengusaha travel agen. Para pedagang diharapkan dapat mengutamakan kualitas dan menjamin keaslian barang yang dijual di lokasi PHU. Mereka juga perlu mengendalikan laju barang, sehingga harga lebih terjangkau. Selain itu, pelayanan harus diberikan dengan ramah, jujur, dan penuh tanggung jawab.

Bagi para pengusaha travel, Yani berpesan agar seluruh agen travel sudah menyelesaikan perizinan. Pelayanan harus diberikan berdasarkan prinsip tanggung jawab, transparan, jujur, dan terjangkau. Kepada pengelola, Yani berpesan agar melakukan promosi terus menerus, baik dari media cetak, elektronik, hingga media sosial.

Anggota Komisi X DPR RI Ahmad Fikri mengatakan, haji dan umrah menjanjikan konsumen yang cukup besar di Indonesia. Setiap tahun, ada tak kurang dari 211 ribu orang pergi haji. Jumlah peserta umrah mencapai 500 ribu orang pertahun, dan diperkirakan meningakat hingga dua kali lipat. Sayangnya, pengembangan pariwisata pendukung sering kali terkendala infrastruktur dan sumber daya manusia dibandingkan destinasi wisata lain.

“Saya rasa perlu manfaatkan kesini, membuat orang nyaman. Kalau semua ingin melayani, tidak ada hambatan,” kata dia. Teguh menjelaskan, saat ini masih ada 2.000 unit kios yang siap di huni oleh para pengusaha haji dan umrah di Indonesia.

 

Sumber: Republika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply