by

Prestasi indonesia dari masa ke masa

Mungkin selama ini kita selalu  minder dengan indonesia karena merasa indonesia itu sarang teroris  dan juga sarang polusi dan  kemiskinan dan banyaknya hutang
tetapi ternyata prestasi indonesia juga banyak yang bisa dibanggakan .
Bicara Prestasi Indonesia, tentu erat kaitannya dengan kebanggaan menjadi warga negeri ini. Bagaimana tidak, Indonesia yang amat luar biasa ini tidak bisa kita sepelekan segalanya. Dari mulai etnis, bahasa, alam, hewan, tumbuhan dan lain sebagainya merupakan Sebuah kebanggaan yang tudak bisa kita ingkari. Allah telah menjadikan Indonesia sebagai negeri yang luar biasa dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Semenjak kita berada di jaman prasejarah, jaman kerajaan, jaman penjajahan hingga saat ini tentunya sudah banyak sekali prestasi yang ditorehkan negeri ini di kancah dunia. Penasaran apa saja prestasi tersebut? Berijut ini daftar prestasi Indonesia dari masa ke masa dalam segala bidang :

A. Prestasi dari aspek Geografis

1. Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia
Tidak bisa dipungkiri, sebagai negara maritim dengan luas yang amat sangat, Indonesia tentunya memiliki banyak pulau baik yang besar dan kecil, yang tersebar di seluruh perairan Negeri ini. Hingga saat ini dan nanti. Predikat ini tentu takkan hilang dan takkan ada yang menyaingi kan?
2. Indonesia adalah negeri dengan etnis dan bahasa terbanyak di dunia.
Dikutip dari berbagai sumber, negeri ini merupakan negeri dengan etnis dan bahasa terbanyak di dunia, maka dari itu dijadikanlah Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Tak hanya sampai disitu. Menurut informasi. Belum semua etnis dan bahasa tersebut masuk secara resmi seluruhnya karena dipercaya ada etnis dan bahasa yang punah. Bayangkan jika ada seluruhnya??
3. Indonesia adalah negara dengan populasi penduduk terbesar nomor 4 di dunia
Belum bergeser posisinya, Indonesia merupakan
salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia dibawah China, USA, dan India. Meskipun mungkin saat ini paham penduduk dunia tidak menganggapnya sebagai prestasi, tetap saja kita harus bangga dengan banyaknya jumlah populasi ini. Sekali ada yang mengganggu kedaulatan negeri ini, kita bisa hajar ramai ramai.

4. Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.
Bicara tentang muslim, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Populasi muslim di Indonesia mencapai hampir 80 persen dari seluruh total populasi.
5. Indonesia adalah negara dengan hutan tropis terluas di dunia
Hutan Tropis indonesia dengan luas hampir 40 juta hektar merupakan hutan paling luas di dunia. Bahkan hutan tropis kalimantan atau borneo mendapat julukan sebagai paru paru dunia.
6. Kalimantan dan Papua adalah pulau terbesar di dunia setelah Greenland
Bicara tentang pulau terbesar di dunia, dari peringkat satu sampai tiga, 2 diantaranya ada di Indonesia yaitu Pulau Kalimantan atau Borneo, dan Papua.
7. Indonesia memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia
Kompleks Natuna memiliki cadangan gas alam yang sangat melimpah dan merupakan stok cadangan gas alam terbesar di dunia, jumlahnya dilansir mencapai 200 Trilyun kubik.
8. Indonesia memiliki kualitas emas terbaik di dunia.
Dari seluruh pertambangan emas di dunia, diketahui bahwa emas indonesia yangvberasal dari freeport merupakan emas terbaik di dunia. Dipercaya dibalik penggalian emas ini ada modus terselubung pencarian Uranium.
9. Pulau Jawa adalah Pulau berpenduduk terpadat di dunia
Dari jutaan pulau di dunia, pulau Jawa punya prestasi tersendiri yaitu menjadi pulau paling padat penduduk di dunia. Bagaimana tidak, menurut riset yang telah dilakukan hampir 60% dari total penduduk indonesia berada di pulau jawa, halah efek urbanisasi nih.
10. Indonesia memiliki gunung merapi aktif terbanyak di dunia
Mendapat julukan ring of fire, Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia, bagaimana tidak, baik jalur selatan atau jalur utara kepulauan di Indonesia merupakan lajur pegunungan mediterania yang dikenal dengan gunung vulkanik bertanah subur.

B. Prestasi dari aspek Prehistoris

11. Pithecanthropus Erectus ditemukan di Indonesia
Pithencanthropus Erectus yang merupakan manusia purba tertua di dunia fosilnya ditemukan di Indonesia. Bagaimana tidak mengherankan dan membuat bangga, fosil manusia purba yang diperkirakan hidup pada 1,8 juta tahin lalu itu tentunya menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki peradaban yang telah ada sejak dulu kala.
12. Komodo ada di Indonesia
Komodo yang dipercaya sebagai mahluk peninggalan masa purba hibgga kini masih ada di pulau Komodo dan hanya bisa ditemukan di Indonesia. Kini binatang komodo menjadi salah satu hewan langka yang dilindungi oleh undang undang.

C. Prestasi dari aspek Historis Kerajaan

13. Raden Wijaya merupakan satu satunya raja yang berhasil mengalahkan pasukan jenghis khan dari mongol.
Kembali ke zaman kerajaan, Raden Wijaya sang pendiri Majapahit merupakan satu satunya raja di dunia yang berhasil mengalahkan pasukan Mongol pada jaman Jengis Khan berkuasa.
14. Kekuasaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit sampai ke semenanjung Cina Selatan.
Sebagai salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada, tentunya tidak mengherankan jika kekuasaan kerajaan Majapahit dan Sriwijaya bisa sampai ke Semenanjung Cina Selatan.
15. Kerajaan Samudera Pasai adalah Kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara.
Kerajaan Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam yang terletak di Nanggroe Aceh Darussalam. Kerajaan ini dipercaya sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara.

D. Prestasi dari aspek Historis Penjajahan

16. Indonesia adalah negara jajahan yang pertama kali merdeka di Asia Tenggara pada era perang Dunia Kedua.
Sebagai negara yang berdaulat dan tangguh, Indonesia menjadi negara asia tenggara yang pertama kali merdeka pada perang dunia kedua.
17. Indonesia adalah penggagas berdirinya ASEAN
Tak banyak yang tahu, penggagas berdirinya ASEAN atau Association pf South East Asian Nations adalah Republik tercinta ini.
18. Bung Karno adalah pendiri Gerakan Non Blok (GNB)
19. Indonesia melalui Bung Karno adalah penggagas berdirinya Konferensi Asia Afrika yang masih langgeng hingga saat ini.
20. Indonesia adalah satu satunya Negara yang penah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa.
21. Jenderal Soedirman merupakan panglima perang yang dianggap sebagai salah satu panglima perang terbaik yang pernah ada di dunia.

E. Prestasi dari aspek Militer

Prestasi Indonesia di Dunia Dalam Segala Bidang Dari Masa ke Masa

22. Indonesia masuk sepuluh besar negara dengan militer terkuat didunia.

Bicara kekuatan militer, Indonesia bukan yang terkuat tapi juga bukan negara yang lemah, dalam beberapa situs review kekuatan militer seperti GFP ( global fire power) Indonesia masuk 10 besar negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia saat ini.
23. Kopassus menjadi salah satu pasukan khusus terbaik di dunia
Bersanding dengan SAS, Mosad, dan lain lain, Kopassus si baret merah menjadi salah satu pasukan khusus paling hebat yang pernah ada di dunia.
24. Dalam kejuaraan ASEAN Armies Rifle Meeting (AARM) 2016. TNI AD mempersembahkan 21 buah medali emas dalam segala bidang yang berkaitan dengan pertahan dan penyerangan tersebut. Sebagai Juara Umum, TNI AD berhasil mengalahkan banyak kandidat lain di helatan akbar militer tahunan tersebut.
25. Letnan Kolonel Inf A M Putranto, S.Sos Komandan Satgas Yon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-B berhasil menjadi juara lomba tembak di Lebanon setelah berhasil mengalahkan para Komandan lainnya dalam kejuaraan tembakbantar Komandan Militer.
26. Konsep perang gerilya yang berasal dari Indonesia menjadi pelajaran wajib dalam buku pelatihan militer di seluruh negara di dunia.
27. Indonesia adalah negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara
28. Indonesia pernah menjadi negara dengan kekuatan militer terbesar di Bumi bagian selatan pada era Bung Karno.
29. Salah satu penembak jitu terbaik di dunia, berasal dari Indonesia.

F. Prestasi dari Aspek Olahraga

30. Indonesia adalah negara asia pertama yang berhasil masuk ke putaran final piala dunia, hanya saja saat itu namanya masih Hindia Belanda
31. Indonesia pernah dianggap sebagai negara badminton terhebat di dunia.
32. Tim badminton indonesia adalah satu satunya yang berhasil memboyong piala Thomas dan Uber secara bersamaan.
33. Rudi Hartono adalah pemegang rekor all england terlama di dunia.
34. Stadion Gelora Bung Karno pernah menjadi stadion terbesar di Asia.
35. Utut adianto adalah GM asal Indonesia dan dianggap sebagai salah satu master catur terbaik yang pernah ada di dunia.
36. Chris John menjadi petinju asia pertama yang menjadi juara dunia.
37. Supporter sepakbola Indonesia dianggap supporter paling fanatik di dunia melebihi Spanyol dan Italia.
37.b.Lalu Muhamad Zuhri  berhasil menjadi juara 100 meter putra U20 di  FInlandia mengalahkan negara-negara dari seluruh dunia. hal ini tidak diduga sama sekali 37.

G. Prestasi dari aspek budaya & pariwisata

38. Beberapa situs pariwisata terkenal dunia selalu memasukkan Indonesia ke daftar 10 besar negara paling ramah di dunia.
39. Pulau Bali menjadi salah satu pulau terindah di dunia.
40. Perkembangan sektor pariwisata di Indpnesia masuk peringkat 4 di Dunia dilihat dari pertambahan jumlah turis yang datang.
41. Candi Borobudur adalah candi terbesar di dunia dan peenah masuk keajaiban dunia. Candi borobudur adalah satu candi, bukan kompleks candi seperti prambanan atau angkor vat.
42. Di Negara tetangga Singapura, gamelan merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa siswi pendidikan dasar.
43. Bunga nasional Korea Utara yang sangat popular yang dinamai Kimilsungia, merupakan bunga yang berasal dari Kalimantan, Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno sebagai hadiah bagi Prwsiden Korea Itara saat itu, Kim Jong Il.

H. Prestasi dari aspek pendidikan dan teknologi

44. Sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pelayaran dan petkapalan, PT.PAL dilansir telah sukses membuat salah satu dari ribuan Kapal terbaik di dunia yang dinamai Star 50. Menurut informasi, kapal berbobot 50,000 ton ini telah dipesan oleh beberapa negara, salah satu negara yg memesan kapal tersebut adalah Singapura. Prestasi ini membuat Indonesia disejajarkan dengan negara produsen kapal terbaik dunia, Jerman.
45. PT Mattel sebagai produsen boneka barbie terbaik dunia, memiliki 2 buah perusahaan manufaktur saja yang berda di Indonesia ( kawasan jababeka) dan di china.
46. Brand Fashion kelas Internasional yang sangat prestisius dan terkenal akan kualitasnya,  Gucci, ternyata sudah hampir 40 tahun menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya karena kain tenun Indonesia ini dipercaya sebagai kain tenun terbaik si dunia.
47. Percaya atau tidak, Uni Emirat Arab sebagai salah satu negara paling maju di Dunia menggunakan mobil buatan Indonesia dari PT Toyota yaitu Kijang Innova, sebagai mobil nasional dan menjadi mobil yang paling laris penjualannya disana.
48. Tangga belalai menuju pintu pesawat yang ngetrend di bandara-bandara dunia yang biasa disebut dengan istilah airbridge yang secara etimologi bisa diartikan jembatan udara, merupakan aebuah inovasi dalam dunia penerbangan yang pertama kali dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.
49. Knalpot Mobil mewah asal Jerman, Mercedez Benz, sepenuhnya dibuat di Indonesia tepatnya di Kota Purbalingga.
50. Professor Dr Insinyur Baharuddin Yusuf Habibie yang sekaligus presiden Republik Indonesia ke tiga adalah pemegang 46 paten di bidang auronautika dunia dan telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi di seluruh dunia.
51. Menara Kuala Lumpur yang merupakan salah satu menara terbaik dan terindah dunia dengan beragam teknologi penunjangnya merupakan buatan dan rancangan Ir.Achmad Murdijat seorang alumni terbaik ITB.
52. PT Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia dan merupakan perusahaan asli Indonesia.
53. Tim BigBang dari Institut Teknologi Bandung mengharumkan nama Indonesia di Kairo, Mesir dengan menjadi juara Imagine Cup 2009 dalam kategori Mobile Device Award melalui aplikasi bernama MOSES. Kemenangan diraih tim yang membawa aplikasi bernama MOSES (Malaria Observation System and Endemic Surveillance), aplikasi yang bisa mendeteksi malaria secara otomatis. Imagine Cup merupakan kompetisi piranti lunak tingkat dunia yang diselenggarakan oleh Microsoft.
54. Paduan Suara Paragita Universitas Indonesia berhasil menjadi juara dalam kategori klasik dan floklore di Festival Paduan Suara Tingkat Internasional ke 46 pada tahun 2009, di Kota Spittal, Austria.
55. Indonesia adalah Negara tropis pertama, sekaligus negara Asia Tenggara pertama yang pendakinya mampu menaklukkan Mount Everest di pegunungan himalaya yang tingginya hampir 9 kilometer persegi pada tanggal 26 April 1997. Pendaki tersebut adalah Asmujiono dan Misirin.
56. Tim Indonesia Juara Pertama Overclock Dunia dalam acara MOA (Master Overclock Arena) 2008 di Taipei.
57. Salah satu tokoh Indonesia, Anak Agung Gede Agung, Phd Masuk Tokoh Pionir Dunia dan menempatkan namanya sejajar dengan tokoh dunia seperti Albert Einstein dan Winston Churchill dan memahatkan namanya namanya pada prasasti berusia 450 tahun di Universitas Leiden, Belanda. Bersama 8 Tokoh dunia lainnya sepanjang masa.
58. Seorang peneliti Astronomi asal Indonesia, Johny Setiawan membuat mata dunia tercengang dengan penemuan planet pertama yang mengelilingi bintang baru TW Hydrae.
59. Jakarta, Tim Biologi SMA asal Indonesia berhasil meraih satu medali emas, dalam International Biology Olympiad (Olimpiade Biologi Internasional/IBO) ke-20, yang digelar di Tsukuba, Jepang. Peserta Olimpiade ini adalah Anugerah Erlaut, siswa kelas 3 SMA Kharisma Bangsa Tangerang, Banten.
60. Tim Kalingga Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil membawa pulang Throphy pemenang pertama dengan nilai tertinggi dalam kompetisi Simulasi Bisnis Trust By Danone yang diselenggarakan di Paris dan dan disponsori oleh Danone Group, pada bulan April 2009, Kompetisi ini diikuti oleh seluruh negara di dunia.
61. Junius, seorang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara jurusan Ilmu Komputer berhasil menjadi juarabumum dalam olimpiade programming dan design tingkat mahasiswa seantero jagad, TopCoder Collegiate Challenge 2007
62. Mu`min Mubarok yang merupakan salah satu Qori kebanggaan Indonesia berhasil meraih juara pertama untuk kategori pria dalam Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ) Internasional ke-50 di Taman Peradaban Islam, Kuala Trengganu Malaysia.
Tambahan :
63. Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Ho Chi Minh City
Itulah “sedikit” dari prestasi Indonesia di dunia dalam segala bidang meliputi prestasi di bidang sejarah, militer, pendidikan, budaya, dan lain lain. Kalau dibahas semua prestasi Indonesia si Dunia, tentunya tisak akan cukup waktu seminggu untuk membacanya. Apalagi untuk membuat artikelnya, Naah, setelah anda membaca prestasi Indonesia ini, apakah rasa bangga anda menjadi rakyat Indonesia semakin bertambah? Jika ya, silakan share dan bagikan artikel ini ke teman temannya sebagai informasi penting dan penambah rasa nasionalisme, jika terdapat kesalahan atau kekurangan, silakan ditambahkan di kolom komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed