by

Provinsi Banten Juara Umum MTQN ke-26

Mataram | detikhalal.com — Provinsi Banten akhirnya berhasil keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Banten selanjutnya berhak membawa pulang piala bergilir Presiden RI yang diserahkan langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada Gubernur Banten Rano Karno di Arena Utama MTQ Islamic Center Kota Mataram, Sabtu (6/8).

Peringkat dua diraih provinsi DKI Jakarta,peringkat ketiga diraih Provinsi Riau, dan tuan rumah NTB meraih peringkat keempat. Keputusan hasil MTQ dibacakan Ketua Dewan Hakim Said Agil al-Munawwar. Sebagai juara umum Provinsi Banten berhasil meraih juara di 6 golongan lomba yaitu golongan Tartil anak-anak putera, Qiraat Sabah Puteri, Hifdzil Quran 20 juz putera, Tafsir Bahasa Arab putera, Tafsir Bahasa Indonesia putera, dan Syarhil Quran.Peringkat Kedua Provinsi DKI Jakarta, lalu Kepulauan Riau 4 golongan, dan tuan rumah Provinsi Nusa Tenggara Barat meraih juara di 4 golongan.

Provinsi Jawa Tengah menempati posisi lima dengan raihan kemenagan di 4 golongan, lalu Riau 3 golongan, Sumatera Barat 2 golongan, dan Aceh 2 golongan. Berada di urutan selanjutnya beberapa provinsi yang menjuarai 1 golongan, yaitu: Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Barat, Sematera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQN XXVI di Kota Mataram ini sebagai even besar dengan semangat perubahan. Berbagai terobosan berhasil diterapkan, didukung SDM yang cukup.

“Karena itulah, MTQN XXVI adalah awal memperkuat syiar Islam di bumi Nusantara,” ujar Menag.

“Saya ingin menyampaikan salam hangat kepada seluruh peserta MTQ yang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para juara dalam berbagai cabang musabaqah. Saya berharap, nilai-nilai silaturahim dan rasa kebersamaan antar-kafilah di arena MTQ tidak dikalahkan oleh semangat berkompetisi untuk menjadi juara. Salam hormat untuk para Dewan Hakim yang bertugas hingga dinihari tanpa mengenal lelah meski usia sudah menua. Semoga dedikasi para senior ini menjadi teladan bagi kita semua,” ujar Menag.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Zainul Majdi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat NTB yang telah berpartisipasi mensukseskan event akbar ini.

Sebagai tuan rumah, ujar Gubernur, masyarakat NTB telah menunjukkan keramahan dan partisipasi yang tinggi, ujar Gubernur yang juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh perangkat kepanitiaan dari seluruh elemen yang tak kenal lelah melayani dan mensukseskan jalannya MTQ.

“MTQ telah menumbuhkan gairah mencintai Al-Quran kita. Karena itulah saya bangga kepada seluruh masyarakat NTB yang berjibaku mensukseskan MTQN XXVI. Kemeriahan MTQN XXVI akan membekas di hati masyarakat NTB,” imbuhnya.

MTQ Nasional ke-26 ditutup resmi oleh Menag, hadir dalam penutupan tersebut Wakil Ketua DPR A Farouk, Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Sumatera Utara Tengku Ery Nuradi, Dirjen Bimas Islam Machasin, Kakanwil seluruh Indonesia, Bupati se-provinsi NTB dan ribuan masyarakat yang memadati arena MTQ dan sekitarnya.

(Sumber : kemenag.go.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed