by

Sakit kepala karena tegang bagaimana mengatasinya

Sakit kepala tegang atau tension headache adalah nyeri, sesak, atau terdapat tekanan di sekitar dahi atau belakang kepala dan leher. Beberapa orang mengatakan bahwa hal itu terasa seperti tengkorak kepala yang diremas. Sakit kepala tegang bisa juga disebut sebagai sakit kepala stres, dan ini merupakan sakit kepala yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Ketika Anda memiliki kondisi ini kurang dari 5 hari per bulan, maka ia disebut sebagai sakit kepala tegang episodik. Namun, jika terjadi lebih sering, maka itu disebut kronis.

Sakit kepala ini dapat berlangsung dari 30 menit hingga beberapa hari. Jenis episodik biasanya mulai secara bertahap, seringnya di pertengahan hari. Sakit yang kronis datang dan pergi selama periode waktu yang lebih lama. Rasa sakit mungkin lebih kuat atau mereda sepanjang hari, tapi hampir selalu ada. Meskipun kepala Anda sakit, namun kondisi ini tidak akan membuat Anda berhenti dari kegiatan sehari-hari Anda, dan ia juga tidak mempengaruhi penglihatan, keseimbangan, atau kekuatan Anda.

Apa penyebab sakit kepala tegang?

Tidak ada satu penyebab untuk kondisi ini. Namun, sebagian besar dipicu oleh stres, baik dari pekerjaan, sekolah, keluarga, teman, atau hubungan lainnya. Kondisi episodik biasanya dipicu oleh sebuah situasi tegang atau yang menyebabkan stres. Ketegangan yang terjadi sehari-hari dapat menyebabkan jenis kronis.

Sakit kepala jenis ini tidak diturunkan dalam keluarga. Beberapa orang mengalaminya karena otot yang menegang di belakang leher dan kulit kepala. Ketegangan otot ini bisa berasal dari:

  • Tidak cukup istirahat
  • Postur tubuh yang buruk
  • Stres emosional atau mental, termasuk depresi
  • Kegelisahan
  • Kelelahan
  • Kelaparan
  • Kurang kadar zat besi

Namun, bagi beberapa orang, otot yang menegang bukanlah penyebab sakit kepala tegang, dan penyebabnya tidak jelas.

Apa tanda dan gejala sakit kepala tegang?

Beberapa gejala yang umum adalah:

  • Nyeri ringan hingga sedang, atau tekanan di depan, atas atau sisi kepala
  • Sakit kepala muncul di sore hari
  • Sulit untuk tidur
  • Kelelahan
  • Sifat lekas marah
  • Kesulitan untuk fokus
  • Sensitivitas riang terhadap suara atau suara
  • Nyeri otot

Berbeda dengan sakit kepala migrain, Anda tidak akan memiliki gejala saraf lainnya, seperti kelemahan otot atau penglihatan kabur. Dan sakit kepala biasanya tidak menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya dan suara, nyeri perut, mual, maupun muntah.

Bagaimana cara mengobati sakit kepala tegang?

Pengobatan untuk sakit kepala tegang yaitu termasuk obat resep, obat bebas penghilang rasa sakit, obat kombinasi yang mengandung aspirin, acetaminophen, kafein, teknik pengelolaan stres, dan pengobatan rumah.

1. Obat resep

Jika diagnosis kondisi kronis sudah ditentukan atau dicurigai, obat resep dapat digunakan dalam upaya untuk mengurangi frekuensi dan keparahan rasa sakit. Obat yang digunakan termasuk antidepresan dan agen anti kejang. Dokter dapat membantu menentukan agen yang terbaik bagi pasien.

2. Obat bebas

Banyak orang yang mengobati kondisi ini dengan menggunakan obat bebas, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau obat kombinasi. Obat-obatan ini aman jika digunakan sesuai aturan, namun jika digunakan berlebihan ia akan membuat sakit kepala lebih sering dan lebih parah. Hal ini dapat terjadi jika obat ini digunakan lebih dari 2 hari setiap minggu secara rutin. Jika sakit kepala ini terjadi saat kehamilan, maka pasien harus menghubungi dokter terlebih dahulu mengenai obat apa yang aman untuk dikonsumsi.

Produk yang mengandung aspirin tidak boleh digunakan kepada anak-anak karena risiko sindrom Reye. Penggunaan acetaminophen dalam jangka waktu lama atau dalam jumlah besar dapat menyebabkan toksisitas hati (dosis maksimal adalah 3 gram per hari), dan nyatanya banyak obat-obatan yang dikombinasikan dengan acetaminophen, sehingga pasien harus mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

3. Teknik pengelolaan stres

Bagi orang-orang yang mengalami sakit kepala tegang berulang, teknik pengelolaan stres telah menjadi cara yang efektif untuk membantu menurunkan frekuensi sakit kepala dan tingkat keparahan. Hal ini dapat mencakup olahraga teratur, teknik pernapasan dalam, dan latihan relaksasi. Pendekatan non obat lainnya dapat termasuk terapi pijat, panas, es, atau akupuntur. Belajar untuk mengidentifikasi situasi stres yang memicu sakit kepala dan cara mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya juga merupakan strategi yang berguna bagi banyak individu.

4. Pengobatan alami

Berikut adalah pengobatan yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Pengobatan atau terapi alternatif: Terapi alternatif seperti kompres panas atau kompres es dapat memberikan manfaat besar bagi beberapa individu.
  • Hidrasi: Kadang-kadang sakit kepala bisa dipicu oleh dehidrasi ringan atau kekurangan makanan, jika demikian minum beberapa cairan non-kafein atau makanan apapun yang dapat membantu.
  • Biji rami: Orang yang memakan biji rami (flaxseed) yang kaya akan omega-3 mungkin akan mengalami penurunan nyeri. Hal ini diduga berkaitan dengan sifat anti-inflamasi dari asam lemak omega-3.
  • Minyak lavender: Menghirup aroma minyak lavender dapat membantu mengurangi rasa nyeri sakit kepala.
  • Pijatan di kulit kepala: Pijat kulit kepala mudah dilakukan dan dapat memberikan bantuan yang signifikan, berkonsentrasilah pada daerah temporal atau daerah oksipital (belakang kulit kepala) karena itu akan membuat respon terbaik.
  • Olahraga: Olahraga seperti aerobik atau gerakan tertentu yang dapat memperbaiki postur tubuh telah terbukti cukup efektif dalam mengurangi frekuensi sakit kepala akibat stres.

Nah mudah mudahan  berguna ya..jadi jangan frustasi dulu tapi cobalah akar masalahnya, cobalah untuk sabar dan pelan-pelan lebih santai menjalani hidup , atasi masalah sebisanya dan banyak lagi solusinya. bisa juga bicara dengan seseorang yang menenangkan  , kalau tidak sembuh juga  boleh juga  ke ahli seperti dokter atau bisa juga psikolog untuk membantu …

hellosehat.com

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field

News Feed