by

Spanyol Hentikan Pelarangan Hijab di Sekolah

Otoritas di Valencia memberi imbauan kepada sekolah tingkat menengah di daerah tersebut agar menghapus aturan pelarangan bagi remaja wanita Muslim untuk berhijab di dalam kelas.

 

Sebelumnya, Takwa Rejeb(22) dihukum keluar kelas selama sepekan karena menggunakan hijab saat jam pelajaran. Departemen pendidikan daerah Valencia meminta SMA Benlliure mengizinkan wanita Muslim menggunakan pakaian sesuai syariah di dalam kelas, lapor surat kabar Spanyol, El Pais, seperi dikutip laman RT.com.

 

“Pemberitaan ini membuat saya senang pastinya” kata Rejeb yang mengambil studi pariwisata.

“Ini adalah kegembiraan melihat perubahan kecil membawa dampak besar di akhir,” katamya kepada koran El Pais.

 

Menurut Rejeb, ini adalah langkah kecil yang membuatnya menjadi diri sendiri, tanpa mengikuti bayang-bayang orang lain. Aturan menggunakan hijab di dalam kelas diprotes pada pekan lalu. Menurut pihak sekolah, hal itu mengarah pada aturan yang diterapkan pada 2009.

 

Rejeb yang protes kepada dinas pendidikan setempat awalnya diacuhkan begitu saja dan dikatakan kebijakan pelarangan hijab adalah hak prerogatif masing-masing sekolah. Namun, usai mencari bantuan, khususnya dari lembaga pengawas aturan, hal itu disebut sebuah diskriminasi.

 

Dinas pendidikan setempat menjamin setiap pelajar bisa mendapatkan hak edukasi yang sama, tak terkecuali bagi remaja wanita Muslim

 

Diambil dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed