by

stress karena Susah tidur ?coba atasi dengan cara ini

Pernahkah kamu mengalami insomnia dan akhirnya malah tambah stress saat berusaha mencoba untuk bisa tidur? Insomnia sendiri sudah bikin stress dan perasaan gelisah yang mengikutinya biasanya membuat semakin parah. Alih-alih bisa terlelap malah semakin tidak bisa tidur.

Ingat, stress berkepanjangan juga akan memperburuk kualitas tidur dan memperparah insomnia lho. Sebuah penelitian dari Harvard College menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 4,5 jam sehari selama seminggu cenderung lebih mudah merasa marah, stress, dan kelelahan.

Padahal insomnia dan stress adalah dua hal yang saling berkaitan. Jadi keduanya harus diatasi hingga tuntas agar masalah tidak kembali muncul. Dengan mengurangi stress maka insomnia biasanya bisa lebih mudah disembuhkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi munculnya gelisah berlebihan akibat insomnia.

 

Mengatur Jadwal Tidur Secara Bertahap


Mengatur jadwal tidur 

Jangan terburu nafsu untuk segera memperbaiki kualitas tidur atau jam tidur kamu. Lakukan penyesuaian waktu tidur secara bertahap agar lebih mudah menjalaninya. Jika kamu terbiasa tidur selama empat jam dalam sehari, aturlah sesuai durasi tersebut.

Kemudian, tambahkan 15 menit pada malam berikutnya. Setelah beberapa malam, tambahkan 15 menit lagi hingga terbiasa dengan durasi lebih lama sedikit. Tidak masalah sedikit asalkan bisa bertambah secara teratur. Keteraturan juga kunci tidur yang berkualitas.

Cobalah untuk mempertahankan jam tidur dan jam bangun yang dijalani. Jangan biasakan pola tidur “membalas dendam” selama belasan jam pada akhir pekan hanya karena waktu tidur selalu kurang pada hari kerja. Pola seperti ini tidak teratur dan hanya akan menambah stress pada tubuh.

Jauhkan “Gangguan” Sebelum Tidur


Jauhkan  “gangguan” 

Sebelum tidur kurangilah aktivitas, jangan malah menyelesaikan semua aktivitas secara terburu-buru agar besok tidak ada tanggungan. Salah satunya lepaskan gadget dari tangan sebelum tidur. Persiapkan waktu tidur dengan menciptakan suasana yang mendukung untuk tidur nyenyak.

Bisa dengan mandi air hangat, meregangkan tubuh, mendengarkan musik, meditasi, atau membaca buku sambil menunggu datangnya kantuk. aromatheraphy di kamar sehingga  wangi di kamar relax dan enak Namun, tidak perlu juga memaksakan diri jika tidak bisa langsung terlelap. Beberapa menit sekali, cobalah mengganti kegiatan yang dapat dilakukan sampai bisa merasa mengantuk.

Hal yang perlu diingat, jangan melakukan aktivitas yang membuat tegang atau memancing untuk melek terus.

 

Membatasi “Asupan” yang Mengganggu Jam Tidur


Membatasi “asupan” 

Rasa stress akibat susah tidur bisa dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi lho. Kamu akan sulit terlelap jika hobi minum kopi atau energy drink. Maka membatasi konsumsi kafein dan alkohol serta menghindari kebiasaan merokok adalah cara untuk membantu mengusir insomnia.

Kafein akan membuat kesulitan tidur dan lebih mudah terbangun pada tengah malam. Lebih baik konsumsilah asupan yang membuat pikiran rileks seperti minum segelas susu hangat.

Berhentilah Memikirkan “Kemungkinan”

http:/palembang.tribunnews.com/ Berhentilah memikirkan kemungkinanSource: tribunnews.com
Berhenti memikirkan kemungkinan

Wajar bila seseorang cenderung memikirkan sesuatu ketika akan tidur, misalnya apa yang akan dilakukan esok hari, namun jangan biarkan itu menguasai pikiran hingga stress.

Meskipun mengkhawatirkan rencana hari esok, cobalah mengesampingkannya sejenak, lepaskan saja dan biarkan pikiran kosong. Atur nafas dan dengarkan irama tubuh kamu sambil memejamkan mata. Biasakan untuk menyelesaikan semua urusan setelah selesai kerja agar tidak terbawa ke tempat tidur.Pasrahkan sama Allah dan berdoa bahwa semua akan baik-baik saja.Percayalah Allah punya rencana terbaik untuk kita

 

Mencari Bantuan Profesional


Mencari bantuan profesional

Jika semua cara tersebut tak berhasil maka kamu sebaiknya mencari bantuan profesional dari seorang psikolog untuk mengatasi stress akibat susah tidur yang selama ini mengganggu. Psikolog bisa melakukan terapi kognitif dan perilaku untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab stress dan insomnia.

Ingatlah, kualitas tidur itu sangat penting untuk kesehatan jiwa raga. Jadi jangan ragu meminta pertolongan ahlinya. Semoga membantu!

infio.co.id

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field

News Feed