by

Tatar’s Halal Culinery favorit warga Rusia

detikhalal.com  -Russia  Popularitas kuliner khas Tatar tak hanya dikenal di Rusia, tapi juga menyebar hingga ke negeri lain. Cheburek adalah jenis makanan Tatar yang paling populer di Rusia. Makanan ini pernah menjadi ‘raja makanan cepat saji Rusia’, mengalahkan pesaing asing seperti hamburger dan kebab. Kue kering ini diisi dengan daging kambing atau anak lembu yang dicincang lembut dicampur air kaldu, kemudian digoreng dengan mentega.

Pada 1950-an, cheburek masuk ke Finlandia dan dijual dengan nama lerstya. Makanan ini masih sangat disukai di sana dan dianggap sebagai makanan pokok asli Finlandia.

Cheburek yang sederhana merupakan salah satu kekayaan kuliner Tatar yang paling dikenal di Rusia. Sementara, makanan khas Tatar yang paling digemari di luar negeri sejak dulu adalah tartare, seporsi besar daging sapi cincang mentah, dicampur dengan kuning telur dan saus marinade yang sedap. Resep tatare masuk ke buku resep masakan Eropa dengan sebutan “steak tartare”.

Meski disebut steak, makanan ini tak kehilangan unsur tradisionalnya. Kekhasan tatare terletak pada kualitasnya. Penganan ini dibuat tanpa melibatkan panas. semua bahan baku harus segar dan berkualitas tertinggi.

Salah satu rahasia masakan Rusia yang sederhana namun lezat, termasuk makanan dari Tatarstan, terletak pada penggunaan bumbu yang sedikit dan pembuatannya yang sedernaha. Selain itu, lembu bangsa Tatar yang diternak di wilayah Volga menghasilkan daging dengan rasa istimewa yang mereka banggakan.

Meski mungkin kalah dengan masakan Turki atau Azerbaijan dalam hal kerumitan dan variasi, masakan Tatarstan, terutama roti-rotian, tetap menjadi pilihan yang paling digemari di Rusia. Kuliner khas Tatar memang kebanyakan berbahan dasar tepung. Selain cheburek, ada pula ratusan jenis pastei (pai), kue kering, dan berbagai jenis kue panggang lain. Kue kering telah menemani orang Tatar dari lahir sampai ajal, dan banyak hidangan mereka yang dikaitkan dengan ritual khusus  ( uh/dh )

Source : ddhk

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed