Warna Kuku Bisa Ketahui Kondisi Kesehatan Tubuh

Warna Kuku Bisa Ketahui Kondisi Kesehatan Tubuh

Detikhalal.com – Tubuh manusia memang terlahir sempurna. Karena setiap bagian tubuh manusia bisa memberikan kelebihan terutama bisa memberikan gambaran kesehatan pada diri anda, tak terkecuali kuku Anda. Perubahan warna pada bagian tubuh yang selalu bertumbuh ini, bisa memberikan sinyal bahwa Anda harus menjaga kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah:

  • Kuku berwarna putih pucat

Warna putih pucat bisa jadi pertanda bahwa Anda mengalami anemia akibat kadar zat besi yang rendah di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh kekurangan oksigen sehingga kulit dan jaringan tubuh menjadi pucat.

  • Kuku berwarna kuning

Kuku dengan corak warna kekuningan merupakan pertanda infeksi jamur di dalam kuku. Penggunaan obat luar biasanya tidak ampuh. Sebaiknya, Anda berkonsultasi ke dokter jika kuku berubah warna menjadi kuning.

  • Garis cokelat pada kuku

Timbulnya garis cokelat atau hitam pada kuku bisa jadi sinyal bahwa Anda mengidap melanoma, sejenis tumor yang terkait dengan kanker kulit. Jika pigmen kulit terlihat tidak normal, segeralah berkonsultasi ke dokter, seperti dilansir laman Aol.

  • Ujung kuku mudah retak

Gangguan tiroid bisa menyebabkan rambut rontok, dan kuku menjadi tipis bahkan rapuh. Apabila kuku tiba-tiba menjadi rapuh, bisa jadi penyebabnya terkait dengan kelenjar tiroid Anda.

  • Tanda putih pada kuku

Luka berat pada dasar kuku bisa menimbulkan tanda horizontal di kuku. Kabar baiknya, tanda tersebut akan hilang dengan sendirinya, dalam hitungan minggu atau bulan.

  • Kuku yang membiru

Pernahkah kuku membiru ketika Anda berada dalam ruangan yang dingin? Hal itu disebabkan suhu yang rendah menyebabkan sirkulasi darah berjalan lambat. Namun, warna biru pada kuku bisa juga pertanda bahwa Anda menderita penyakit pernapasan, sehingga mengacaukan pembuluh darah kuku Anda.

 

Diambil dari berbagai sumber

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply