by

Wine halal jadi pusat perhatian di Halal Jogjafest

detikhalal.com|Yogyakarta  Minuman anggur atau wine selama ini identik dengan sesuatu yang haram karena kandungan alkohol yang terdapat pada minuman tersebut . namun saat ini konsumen muslim dunia bisa mencicipi produk wine halal tanpa mengandung alkohal sama sekali alias 0,00 % .

Namanya Espora. Ia sama sekali tak mengandung alkohol dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari beberapa lembaga sertifikasi halal internasional yaitu Lembaga sertifikasi halal Dubai .

Espora merupakan salah satu produk yang ditampilkan dalam acara Jogja Fest Halal 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DIY. Jogja Halal Fest yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) digelar pada 11-14 Oktober 2018.

wine ini dibuat melalui proses fermantasi yang sama seperti proses pembuatan wine pada umumnya. Namun, yang membuat Espora ini berbeda dan tidak mengandung alkohol, yaitu waktu yang diperlukan dalam melakukan fermentasi.

Wine  yang mengandung alkohol biasanya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk difermentasikan. Sementara, Espora hanya membutuhkan waktu satu tahun. “Itu yang membuat kadar alkoholnya hilang .

Espora disebutnya telah memperoleh sertifikat halal dari Spanyol pada Desember 2017. Selain itu, telah diakui oleh Singapura bahwa wine ini tidak mengandung alkohol dan halal dikonsumsi umat Islam. Saat ini, Espora sedang dalam proses sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Saat ini (MUI) sedang dipersiapkan untuk berangkat ke Spanyol. Mereka ingin melihat langsung bagaimana proses membuat wine halal langsung di pabriknya di sana .

photo source :krjogja

Karena mengusung konsep halal, Espora tidak bisa dikonsumsi jika sudah melewati tiga tahun dari masa produksi. Sebab, kadar alkoholnya akan muncul. Oleh karena itu, distributor akan melakukan penarikan produk jika Espora tidak terjual dalam jangka waktu lebih dari tiga tahun . Harga wine Espora dijual sekitar Rp 250 ribu untuk ukuran 750 mililiter.  Ada tiga jenis yang saat ini sudah beredar di Indonesia, di antaranya white winered wine, dan sparkling .

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed